Jawa Barat Butuh 5 Kawasan Pusat Logistik Berikat

0
368
ilustrasi pusat logistik berikat (sentananews.com)

Bekasi – (suaracargo.com)

Asosiasi Logistik dan Forwarder (ALFI) Jawa Barat menilai, Jawa Barat sedikitnya harus memiliki lima lokasi Pusat Logistik Berikat (PLB) untuk menekan biaya logistik.

Ketua DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) M. Nuh Nasution mengatakan saat ini, rencana pembentukan PLB di Jawa Barat baru diajukan oleh pihak Cikarang Drya Port (CDP) di Cikarang. Kebutuhan akan pengembangan PLB sangat dibutuhkan agar masyarakat mendapatkan barang dengan harga yang lebih kompetitif.

Paling tidak, katanya, Jawa Barat memiliki 5 lokasi PLB yang berbeda dan bisa diseusaikan dengan karakter dan potensi industri dari tiap-tiap daerah. “Paling tidak ada lima PLB yang sesuai potensi tiap daerah,” katanya, Senin (29/02/2016).

Terkait adanya rencana pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, pihaknya belum dapat menentukan lokasi mana yang cocok dibangun pelabuhan di Jawa Barat.

Namun demikian, kebutuhan akan pelabuhan baru di Jawa Barat mutlak dibutuhkan. Kebutuhan pelabuhan sebagai alternatif pengiriman barang nantinya akan berdampak pada penurunan biaya logistik nasional yang masih 28% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Untuk rencana pembangunan Patimban saya belum mau bicara, tapi kebutuhan pelabuhan baru di Jawa Barat memang mutlak dibutuhkan.”, seperti dilansir bisnis.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here