Jelang Lebaran, Penumpang Arus Mudik Mulai Melonjak

    0
    171
    TETAP PRIORITAS: Bahan kebutuhan pokok saat diturunkan dari kapal yang baru saja merapat, Sabtu (16/7). (AMIRUDIN/ RADAR SAMPIT)

    Sampit – (suaracargo.com)

    Menjelang lebaran, lonjakan arus mudik perlahan-lahan mulai mengalami peningkatan. Kurang dari dua pekan, sebanyak 1.269 orang penumpang kapal Sirimau tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai memadati Pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah.

    Kepala Pelni Sampit Agus mengatakan, saat ini ribuan penumpang sudah mulai meninggalkan Sampit menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, tahun ini. Pihak Pelni sudah mempersiapkan sembilan keberangkatan yang dilakukan sejak H-15. Sampai saat ini sudah tiga buah kapal berangkat menuju Semarang maupun Surabaya.

    “Kami berangkatkan para penumpang kapal yang memang memesan tiket hari ini. Mereka beralasan berangkat kali ini karena tidak ingin berdesak-desakan, ” terangnya seperti dikutip Kalteng Pos (Jawa Pos Group) Rabu (14/6).

    Selain menambahkan jumlah armada kapal, Pelni juga berkoordinasi dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit untuk selalu siaga dan waspada dengan gelombang arus mudik. Meskipun diperkirakan mencapai 19.000 orang penumpang, namun tetap membuat para petugas waspasda.

    Hal ini karena diperkirakan nantinya banyak persoalan yang akan dihadapi. Salah satunya yakni adanya tiket palsu serta banyak warga yang membawa senjata tajam. Untuk itu Pelni dan KSOP sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menindak tegas siapapun pelakunya.

    “Kami minta polisi agar menindak tegas siapa saja yang melakukan aksi kriminal di Pelabuhan. Kalau ada yang bawa tiket palsu akan kami tindak,” tukasnya.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY