Jelang Liburan Natal dan Tahun Baru, Kemenhub Uji Kelaikan Kapal di 13 Pelabuhan

0
468
Kendaraan pengangkut barang menjejali dermaga III Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Kamis (27/9/2012), mengantre untuk menyeberangi perairan Selat Sunda. Jalur penyeberangan Selat Sunda ditempuh selama 2,5 jam, dengen waktu operasi kapal selama 24 jam. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan akan melakukan uji petik kelaiklautan kapal di 13 pelabuhan yang diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru. Uji petik ini dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan para penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi laut.

“Kita tidak mentolerir adanya temuan kelalaian dan kekurangan saat pemeriksaan kapal,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Antonius Tonny Budiono, di Gedung Karsa Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (7/12).

Mengingat lonjakan penumpang tahun ini meningkat dibanding tahun lalu sebesar 2 persen, Tonny mengatakan uji petik kelaiklautan ini menjadi faktor yang krusial. “Semuanya harus diperiksa dengan benar benar,” ujar Tonny, seperti dilansir merdeka.com.

Uji petik kelaiklautan akan berada di Pelabuhan Merak, Makassar, Belawan, Ambon, Balikpapan, Nunukan, Sorong, Tanjung Emas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, Lembar, Batam, Manado dan Bitung.

Selain memastikan kelaiklautan kapal, Tonny juga memastikan bahwa semua anak buah kapal (ABK) berada dalam kondisi siap melayani dan mendukung keselamatan pelayaran. “Semua ABK yang bertugas, dalam kondisi baik dan siap mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran Natal 2016 dan Tahun baru 2017,” ujar Tonny.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here