Jelang Liburan Natal dan Tahun Baru, Pengamanan Pelabuhan di Pekanbaru Diperketat

    0
    349
    Sejumlah penumpang tiba di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Batam, Kamis (15/8/2013). Pada H+7 penumpang arus balik masih cukup padat di sejumlah pelabuhan di Batam. (Tribun Batam/Argianto DA Nugroho)

    Pekanbaru – (suaracargo.com)

    Kapolsek Sektor Pelabuhan, AKP Didi Antoni melalui Kanitreskrim Ipda Letman Z mengatakan, setiap kapal yang masuk tidak luput dari pemeriksaan.

    “Jelang natal dan tahun baru pengamanan semakin diperketat. Intensitas pemeriksaan juga dimaksimalkan,” kata Letman, Rabu (21/11/2016).

    Menurut Letman saat ini ada 22 pelabuhan yang terdata di wilayah Pekanbaru.

    Terkait upaya pengamanan tersebut, Letman menambahkan bahwa ada indikasi beberapa kapal sudah melakukan pembongkaran muatan di wilayah Perawang, Kabupaten Siak.

    Kondisi itu menjadikan kapal yang masuk ke Pekanbaru sering nihil ditemukan barang ilegal maupun miras dan narkoba. “Karena disana (Perawang) masih longgar. Jadi kapal-kapal yang masuk mudah melakukan bongkar muat,” kata Letman, seperti dilansir tribunnews.com

    Ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Keamanan Bandara Sultan Syarif Kasim SSK II Pekanbaru, Zaini Ahmad menyebutkan indikasi Pekanbaru menjadi tempat transit masuknya narkoba. Barang ilegal tersebut dibawa lewat jalur laut melalui beberapa pelabuhan. “Kemudian melalui bandara narkoba disebar ke beberapa kota besar,” kata Zaini.

    Untuk pengamanan di Bandara SSK II Pekanbaru, menurut Zaini selain menggunakan prosedur alat pemeriksaan pihaknya juga mempercayakan pada metode body profiling.

    “Kita bisa ketahui dari gerak-gerik tubuh seseorang. Akan kelihatan penumpang yang mencurigakan,” katanya. Upaya pengamanan juga dilaksanakan dengan keterlibatan Badan Narkotika Nasional (BNN) di bandara.

    Penulis: Budi Rahmat
    Editor : M. Nahar
    Sumber : Tribun Pekanbaru

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY