Jelang Liburan, Penyeberangan Merak Bakauheni Diprediksi Alami Kenaikan Penumpang Sebesar 8 Persen

0
812
Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan Merak (jurnalmaritim.com)

Serang – (suaracargo.com)

Jelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2016 yang akan datang, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Cabang Merak memprediksi jumlah penumpang di sana akan mengalami peningkatan sebanyak 8 persen.

“Kita prediksi ada peningkatan, melihat dari kalender memang saat ini bertepatan dengan liburan sekolah tanggal 19 dan tanggal 25-nya Natal, dan tanggal 1 (Tahun Baru) nya hari Jumat. Untuk penumpang kenaikan sampai 8 persen baik itu dari kendaraan pribadi, untuk truk bisa menurun,” kata Manajer Operasional ASDP Merak, Nana Sutisna, Kamis (17/12/2015).

Nana menjelaskan, menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru, PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak mengoptimalkan seluruh dermaga yang ada. Sebanyak 49 kapal yang ada di sana sudah siap untuk beroperasi. “Dari kesiapan, ASDP tidak membedakan antara-angkutan lebaran Idul Fitri, maupun Natal serta Tahun Baru. Kita siapkan semua dan fasilitas selalu ready,” jelasnya.

Hanya saja, pengelola Pelabuhan Merak perlu mewaspadai kondisi cuaca ekstrim. Hal yang terutama harus diwaspadai adalah ketinggian ombak yang dapat mengakibatkan kapal sulit bersandar. “Waktu tempuh Merak-Bakaheuni atau sebaliknya paling lama dua jam, walaupun kapal agak goyang sedikit namun kita pastikan tidak ada keterlambatan,” jelasnya

Lebih lanjut, Nana mengungkapkan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pelindo untuk mengantisipasi apabila ada kapal yang gagal sandar atau susah sandar. Pihak Pelindo menyiapkan enam unit tagboot untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here