Jelang Natal dan Tahun Baru, Aktivitas Penyeberangan di Pelabuhan Merak Meningkat

    0
    378
    Ilustrasi antrean kendaraan (industri.bisnis.com)

    Merak – (suaracargo.com)

    Aktivitas Pelabuhan Merak, Banten, selama tiga hari terakhir mengalami peningkatan. Hal itu terkait erat Natal dan Tahun Baru serta liburan sekolah.

    Dari pantauan, Selasa (22/12), Lima Dermaga Pelabuhan Merak dipadati kendaraan pribadi yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Para pengemudi kendaraan pribadi itu kebanyakan berasal dari Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Mereka mudik karena ingin merayakan Natal dan Tahun Baru di sejumlah daerah di Pulau Sumatera.

    “Kami memprediksikan puncak penumpang dan kendaraan pribadi yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis (24/12),” kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi Oetomo di Merak, Selasa.

    Mario mengatakan, jumlah penumpang dan kendaraan yang hendak menyeberang melalui Pelabuhan Merak meningkat tajam dan sudah terjadi tiga hari terakhir. Saat ini, rata-rata penumpang pejalan kaki 6.800 sampai 7.000 orang, mobil pribadi 3.900 unit, sepeda motor 850 unit per hari. Padahal, sebelumnya penumpang pejalan kaki 4.000 orang, kendaraan pribadi 1.200 unit dan sepeda motor 350 unit. “Penyeberangan Merak-Bakauheni beberapa hari terakhir didominasi mobil pribadi dan sepeda motor,” katanya, seperti dilansir beritasatu.com.

    Menurut dia, lonjakan kendaraan pribadi tersebut karena menjelang natal dan tahun baru ditambah liburan sekolah. Para pemudik bisa lebih awal mudik ke kampung halamannya. ASDP Merak mengoperasikan 27 kapal ferry dengan menargetkan perjalanan pulang pergi sebanyak 90 trip.

    Saat ini, penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni memang sedang terganggu akibat cuaca buruk tersebut. Namun demikian, pihaknya tetap mengutamakan pelayanan dan keselamatan kepada para penumpang maupun kendaraan pribadi. “Kami menjamin seluruh penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung,” katanya.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here