Jelang Ramadhan, Tidak Ada Peningkatan Pengiriman Barang

0
400
ilustrasi jasa pengiriman barang (timlo.net/Setyo Puji S.)
ilustrasi jasa pengiriman barang (timlo.net/Setyo Puji S.)

Solo – (suaracargo.com)

Lesunya perekonomian nasional akibat pengaruh ekonomi global sekarang ini ternyata cukup berdampak terhadap bisnis jasa ekspedisi pengiriman barang. Bahkan, tidak sedikit dari pelaku bisnis dalam bidang tersebut mengeluhkan adanya penurunan pengiriman secara signifikan. “Jika dibandingkan dengan tahu lalu penurunanya bisa mencapai 50 persen lebih. Hal itu mungkin karena dampak dari kondisi perekonomian saat ini sehingga banyak pelaku usaha yang melakukan wait and see,” ujar pemilik CV Media Trans, Joko Sulistyo kepada wartawan, Rabu (27/5).

Ia mengungkapkan, penuruan paling banyak adalah pengiriman buku sekolah. Padahal menurutnya jika melihat pengalaman tahun sebelumnya momen sekarang ini menjadi puncak sejumlah perusahaan percetakan untuk melakukan pendistribusian buku mata pelajaran. “Untuk buku sekolah, sekarang ini perhari paling banyak sekitar 5 ton padahal tahun sebelumnya bisa mencapai 15 hingga 20 ton. Sedangkan untuk tarifnya kita hanya mematok Rp 3.500 per kilogramnya,” jelasnya, seperti dilansir timlo.net.

Sementara itu, Admin CV Kibe Solo, Pariyani juga mengungkapkan, meskipun sudah mendekati bulan ramadhan dan lebaran namun penggunaan jasa ekspedisi ditempatnya belum ada peningkatan. “Mungkin nanti kalau sudah mendekati lebaran baru ada peningkatan. Biasanya kalau kurang seminggu sebelum lebaran begitu yang paling ramai adalah jasa pengiriman sepeda motor serta pakaian,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here