Jembatan Comal Selesai Diperbaiki

0
432
Mobil mengantri saat terjadi kemacetan arus balik lebaran akibat buka-tutup jalur Comal, Jawa Tengah, 2 Agustus 2014. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo
Mobil mengantri saat terjadi kemacetan arus balik lebaran akibat buka-tutup jalur Comal, Jawa Tengah, 2 Agustus 2014. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

Setelah ditutup total selama hampir tiga bulan, Jembatan Comal sisi selatan (arah Semarang menuju Jakarta) rencananya akan dibuka pada Sabtu, 4 Oktober 2014 nanti. Pembukaan jembatan vital di Jalur Pantai Utara Jawa itu akan dilakukan setelah semua perbaikan permanen tuntas. “Lebih cepat empat hari dari target tanggal 8 Oktober,” kata Kepala Satuan Kerja Wilayah I Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, Sumarjono, di Pemalang, Jawa Tengah, Rabu, 1 Oktober 2014, sebagaimana dilansir tempo.co.

Jembatan penting yang terletak Jalur Pantai Utara Jawa, Kabupaten Pemalang, itu ditutup sejak medio Juli 2014, menjelang hari raya Idul Fitri. Jembatan itu ditutup karena penghubung jembatan dan jalan raya ambles. Sejak itu, hanya jembatan sisi utara (arah Jakarta ke Semarang) yang dibuka untuk arus lalu lintas dari dua arah.

Sumarjono juga menjelaskan bahwa pengaspalan Jembatan Comal sisi selatan telah rampung Selasa (30/9) pagi . Kini, pekerjaan yang masih tersisa meliputi pembuatan trotoar, pengecatan marka, pengencangan baut, dan lain-lain. Rabu siang (1/10), jembatan tersebut diuji coba menggunakan alat alias tidak dengan membuka lalu lintas.

Meski perbaikan permanen telah selesai, Sumarjono meminta kendaraan berat yang melintasi jembatan tetap mematuhi aturan yang berlaku. “Muatan sumbu terberat (MST) 10 ton. Selama ini banyak truk dengan JBI (jumlah berat yang diizinkan) hanya 45 ton tapi mengangkut muatan hingga 70 ton,” kata Sumarjono.

Jika seluruh kendaraan angkutan barang mematuhi aturan, Sumarjono yakin usia aspal Jalur Pantura bisa bertahan hingga lima tahun. “Jembatan Comal juga tidak akan bermasalah hingga 2024,” katanya optimistis.

Selama masih dalam proses perbaikan dan belum dibuka secara resmi, Jembatan Comal akan terus dijaga anggota Kepolisian Resor Pemalang. Namun, menjelang dioperasikannya kembali Jembatan Comal, Kepala Polres Pemalang, Ajun Komisaris Besar Dedi Wiratmo, sudah tidak berkantor sementara di Pos Lalu Lintas Blandong. Selama ini, sejak jembatan ambles, Kepala Polres berkantor sementara di pos yang berjarak satu kilometer di timur Jembatan Comal itu.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here