Jepang dan Indonesia Akan Bangun Pelabuhan Terbesar

0
419
ilustrasi pelabuhan (republika.co.id)

Tokyo – (suaracargo.com)

Pemerintah Jepang dan Indonesia tengah memasuki tahap final dari sebuah kerja sama pembangunan sebuah pelabuhan baru. Dalam proyek kerjasama ini, Jepang akan membantu Indonesia membangun pelabuhan senilai 200 miliar yen, yang diprediksi akan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Seperti dikutip dari The Yomiuri Shimbun, Minggu (10/4/2016), proyek ini dibangun untuk membalas kehilangan proyek kereta cepat dari Tiongkok pada tahun lalu. Pemerintah Jepang berencana untuk membalas kekalahan tersebut dengan membangun pelabuhan baru ini.

Dua negara tersebut akan memulai proyek tersebut pada 2019 di Patimban yang berjarak 150 km dari timur Jakarta. Patimban berjarak 70 km dari wilayah industri tempat di mana perusahaan alat otomotif Jepang, elektronik dan perusahaan lainnya berlokasi di area besar dari pusat perekonomian Indonesia. Kerja sama ini dimulai pada pada bulan Februari, ketika Kementerian Perhubungan Indonesia mengunjungi Jepang.

Pembangunan Pelabuhan ini bisa mengatasi beban di Tanjung Priok yang memiliki kapasitas 6,5 juta container per tahunnya dan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Kemacetan lalu lintas yang kronis di jalan sekitar Pelabuhan Tanjung Priok dan situasi di dalamnya selalu menimbulkan masalah bagi transportasi produk dan spare part kendaraan.

Pelabuhan baru di Patimban diharapkan akan mampu mengatasi tujuh sampai dengan delapan juta kargo per tahun. Pelabuhan itu juga memiliki dermaga yang besar untuk mengakomodasi sejumlah kendaraan niaga dan terminal kargo.

Konstruksi dari pembangunan akan disiapkan perusahaan Jepang atau menggunakan skema konsorium oleh berbagai perusahaan Jepang. Proyek ini akan menjadi proyek terbesar dari pembangunan pelabuhan oleh Jepang. Setelah pembangunan usai, pelabuhan tersebut akan dilakukan oleh perusahaan patungan yang terdiri dari pihak Jepang dan Indonesia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here