Jepang Keluarkan Dana Milyaran Untuk Investasi Pelabuhan dan Kereta di Indonesia

0
471
ilustrasi: kanalsemarang.com

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, modal investasi yang ditanamkan oleh Jepang bakal mencapai USD40 miliar. Modal itu akan digunakan untuk membangun infrastruktur di Indonesia. Proyek yang disasar mulai dari pelabuhan hingga kereta api (KA).

Luhut menyampaikan, proyek-proyek besar yang akan digarap Jepang yakni Pelabuhan Patimban, Blok migas Masela, dan kereta api semi cepat. Selain itu, ada proyek listrik sebesar 8 Giga Watt (GW).

“Oh ya sekarang sudah banyak (investasi Jepang), kemarin kan Jepang kemari. Angkanya besar, angka investasi Jepang itu sudah bisa USD40 miliar kalau prosesnya jalan,” ujarnya di Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Dia menyampaikan, Jepang juga akan berinvestasi di sektor kelautan. Mereka menyasar pembangunan pasar ikan di Kepulauan Natuna. “Kemudian di perikanan mau bikin pasar ikan untuk di Natuna, mereka mau masuk ke east Natuna, South East Natuna,” katanya, seperti dilansir sindonews.com.

Menurutnya, pemerintah tidak mengistimewakan satu negara saja untuk berinvestasi di Indonesia. Jika Jepang atau China bersedia, pemerintah akan bukakan jalan bagi mereka. “Enggak (utamakan) juga karena sejarahnya Jepang itu negara nomor 2 investor terbesar di Indonesia. Nomor satu kan selalu Singapura. Sekarang mereka melihat keadaan di sini baik, ya mereka tambah mau,” paparnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here