Jepang Lihat Indonesia Mampu Jadi Sentra Produksi Berdaya Saing Kuat Jika Punya Infrastruktur Memadai

0
353
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (sumber: Suara Pembaruan)
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (sumber: Suara Pembaruan)

Bekasi – (suaracargo.com)

Negeri Matahari Terbit melihat Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi sentra produksi yang berdaya saing kuat. Namun, potensi itu hanya bisa tergali maksimal jika pemerintah dalam negeri mampu menciptakan infrastruktur pendukung industri.

“Perlu pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan atau pembangkit listrik. Dan juga diciptakan lingkungan bisnis, antara lain akselerasi proses perizinan, serta dipertahankannya bebas bea bahan baku produk baja,” kata Minister Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Shuichi Akamatsu, Bekasi, Selasa (24/3/2015), sebagaimana dilansir tribunnews.com.

Menurutnya, Jepang dan Indonesia sudah menjalin hubungan di bidang ekonomi sejak lama. Nilai investasi Jepang ke dalam negeri pada 2014 mencapai lebih 1.200 kasus dan mencatat rekor tertinggi selama ini.

“Investasi tersebut sudah mencapai 2,7 miliar dolar AS?. Nilai investasi ini menduduki urutan nomor dua, bagi Indonesia, Jepang adalah negara tujuan ekspor nomor satu,” ucap Shuichi.
Shuichi mengatakan, saat ini jumlah perusahaan Jepang di Indonesia sebanyak 1.700 dan jumlah orang Jepang yang tinggal di Indonesia sudah mencapai lebih dari 18.000 orang.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here