Jepang Sedang Pelajari Kelayakan Pembangunan Pelabuhan Patimban

0
190
Pantai Patimban, Subang (koran.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, pihak Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) saat ini tengah mempelajari kajian kelayakan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Hasil studi itu ditargetkan selesai pada akhir 2016 dan bakal menjadi dasar penyusunan detailed engineering design (DED).

Direktur Kepelabuhan Kemenhub Mauritz Sibarani mengungkapkan, pelaksanaan review terhadap feasibility study (FS) yang sudah digarap oleh Indonesia merupakan hal yang lumrah. Namun, peninjauan ulang itu bukanlah menyusun FS anyar karena masih berdasarkan pada FS yang sudah dibuat. Di samping itu, Indonesia sedang melaksanakan peninjauan ulang atas FS, lanjut Maurtiz, JICA juga tengah melaksanakan studi lingkungan.

banner-csm-atas

“Kalau masalah review kan wajar karena induknya kan Jepang, tetapi bukan studi baru. Itu untuk keperluan mereka. Untuk DED itu. Ya, biasa kalau orang Jepang seperti itu kalau kasih kerjaan, dia review,” kata Mauritz di Jakarta, Rabu (24/8).

Mauritz menambahkan, penuntasan DED kemungkinan terealisasi pada awal 2017. Dalam dokumen tersebut, besaran investasi paling ideal untuk keperluan pembangunan pelabuhan pengganti proyek Cilamaya ini akan dicantumkan. “Besaran investasi bisa berubah atau tidak? Itu saya tidak bisa jawab sebelum detailed engineering design selesai. Yang pasti harus selesai sebelum financial closing,” ungkap dia, seperti dilansir beritasatu.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY