JSS Batal, Pelabuhan Merak Dibangun dan Diperluas

0
373
kendaraan padati penyeberangan Merak - Bakauheni
kendaraan padati penyeberangan Merak – Bakauheni

Serang- (suaracargo.com)

Pengembangan dan perluasan Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten merupakan hal yang niscaya dilakukan sebagai konsekuensi pembatalan megaproyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelabuhan Merak, yang kini memiliki lima dermaga, bisa diperluas menjadi 10 dermaga dengan memanfaatkan Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil.

Rencana tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten H Kurdi Matin kepada SP, Senin (16/3). Menurut Kurdi, persoalan Pulau Merak Besar selama ini menjadi keberatan dari pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon terkait rencana perluasan Pelabuhan Merak. Namun, persoalan itu sudah mendapat jawaban dari pusat bahwa Pulau Merak Besar bukan termasuk hutan konservasi.

“Kami sudah mendapat informasi dari pusat bahwa Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil, bukan termasuk dalam kategori hutan konservasi melainkan area penggunaan lain (APL) sehingga bisa digunakan untuk perluasan Pelabuhan Merak,” ujar Kurdi Matin, sebagaimana dilansir beritasatu.com.

Kurdi juga menyatakan, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno menginginkan ada satu dermaga khusus untuk penumpang. “Dari 10 dermaga yang direncanakan dibangun untuk perluasan Pelabuhan Merak, satu dermaga diminta khusus dimanfaatkan untuk penumpang,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Cilegon Iman Aryadi mengatakan pihaknya berkeberatan kalau perluasan Pelabuhan Merak sampai memanfaatkan Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil. Sebab, hutan di Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil masuk dalam kawasan konservasi dan di sana terdapat banyak binatang langka.

Sementara Plt Gubernur Banten Rano Karno, sebelumnya menjelaskan, rencana pemanfaatan Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil untuk perluasan dermaga Pelabuhan Merak sebenarnya telah disampaikan Presiden Jokowi saat mengunjungi Pelabuhan Merak ketika hendak menyeberang ke Lampung beberapa waktu lalu.

“Saat mengunjungi Pelabuhan Merak, Presiden Jokowi bertanya terkait pulau tersebut. Kenapa tidak dimanfaatkan untuk perluasan Pelabuhan Merak. Hal tersebut masih dalam wacana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta pemerintah pusat,” jelas Rano.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here