Jual beli Online Penyumbang Terbesar Order Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres dan Logistik di Yogyakarta

0
353
ilustrasi pos logistik (enciety.co)

Yogoyakarta – (suaracargo.com)

Menjelang Lebaran, jasa pengiriman ekspres dan logistik mulai kebanjiran order. Jual beli online yang belakangan ini marak dilakukan sebagian masyarakat Yogyakarta menjadi penyumbang terbesar dari order perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik.

Trafik barang terus meningkat seiring makin dekatnya saat Lebaran. Head of JNE Regional Jawa Tengah Marsudi mengatakan jual beli online memang menjadi fenomena belakangan ini. Kontribusinya signifikan terhadap perusahaan jasa pengiriman JNE yang dia kelola. Setiap menjelang Lebaran seperti ini, selalu terjadi kenaikan yang signifikan dibanding dengan hari biasa.

Promo CSMCARGO Ramadhan

“Kalau di DIY, Solo, Semarang, Magelang, dan Cilacap yang menjadi area kerja saya, kemungkinan akan meningkat 35 persen,” kata Marsudi di Yogyakarta, seperti dilansir okezone.com.

Marsudi mengaku pihaknya sudah mengantisipasi menyambut peningkatan order ini. Selama bulan Ramadan ini, JNE DIY telah memperkuat tim pengiriman yang salah satunya dilakukan dengan menyiapkan 30 unit armada.

Selain itu, kata Marsudi, JNE juga mengembangkan produk layanan berupa JTR atau JNE Trucking yang beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali. Di wilayah ini, bisnis jasa pengiriman mulai berkembang dengan baik mengingat infrastrukturnya sudah memadai. JTR hadir membantu distribusi paket berukuran atau berjumlah besar yang tidak terkendala aturan penerbangan.

Selain itu, kerja sama dengan seluruh maskapai penerbangan juga ditingkatkan agar pengiriman khususnya produk premium, seperti YES dan SS berjalan lancar. Peningkatan pengiriman jelang Lebaran ini akan banyak didominasi pemilik usaha penjualan online. Di DIY, jumlah pengiriman yang biasa 6.500 resi diperkirakan naik hingga 9.000 resi per hari.

Jika pada hari biasanya berat tonasenya hanya 8,5 ton, kini diperkirakan naik hingga lebih dari 11 ton per hari.

“Jelang Lebaran ini banyak yang mengirimkan paket barang berupa pakaian, sepatu, tas, hingga kebutuhan fesyen Lebaran lainnya,” kata Marsudi.

Chief Technology Officer (CTO) yang juga Co Founder Bukalapak, Nugroho Herucahyono, mengaku jika transaksi jual beli online di bukalapak.com menjelang Lebaran seperti ini selalu mengalami peningkatan.

Sementara PT Pos Indonesia cabang DIY juga memprediksi pengiriman barang menjelang Lebaran akan didominasi para pengusaha online. Kepala Kantor Pos Besar DIY Dodik Budianto mengatakan, pengiriman terbanyak kedua adalah bingkisan Lebaran, baik paket barang maupun bingkisan lebaran ini paling banyak dikirim keluar Jawa dan Jakarta.

“Dua tahun terakhir, tren kenaikan pengiriman barang saat peak season bisa mencapai 200 persen,” kata Dodik

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here