Kadin Jabar Siap Kawal dan Dukung Kebijakan Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang

0
377
Pantai Patimban, Subang (koran.bisnis.com)

Bekasi – (suaracargo.com)

Kadin Jawa Barat siap mengawal kebijakan sekaligus mendukung keberadaan Pelabuhan Patimban di Subang.

Agung Suryamal Sutrisno, Ketua Kadin Provinsi Jawa Barat mengatakan, pihaknya mendukung adanya pengembangan pelabuhan di Jawa Barat, mengingat jumlah eksportir maupun pelaku industri di Jawa Barat cukup besar. Para pelaku usaha tersebut membutuhkan pelabuhan yang representatif untuk mengirimkan barangnya dari Jawa Barat.

“Kami mendukung selama pelabuhan itu ada di Jawa Barat,” katanya, Rabu (6/04).

Menurut Agung, keberadaan pelabuhan di Jawa Barat tentunya akan membuat pelaku industri maupun eksportir lebih leluasa karena jarak tempuh ke pelabuhan tersebut jauh lebih dekat jika dibandingkan dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Pemangkasan biaya transportasi tersebut diharapkan akan serta merta memangkas biaya logistik nasional yang saat ini masih 28%-30% dari PDB.

“Kami harap nantinya biaya logistik juga ikut turun jadi di bawah 20% dari PDB.” kata Agung seperti dilansir industri.bisnis.com.

Untuk mencapai harapan tersebut, katanya, Pelabuhan Patimban juga harus diikuti dengan pembangunan sentra distribusi logistik Jawa Barat di sekitar pelabuhan dan ditunjang dengan transportasi yang terintegrasi dari dan menuju pelabuhan.

Namun demikian, dia mengingatkan, agar pembangunan Pelabuhan Patimban juga perlu memperhitungkan keberadaan masyarakat dan alam sekitar. Dalam hal ini, pengembang diharapkan tidak merusak kelestarian alam di sana dan mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar.

“Yang perlu diingat jangan merusak lingkungan dan perlu membuka potensi lapangan kerja.”

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here