Kadishub Bosel: Pelabuhan Torosik Akan Diresmikan Jum’at Pekan ini

0
182

Molibagu – (suaracargo.com)

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Wahyudin Kadullah, memastikan bahwa persemian Pelabuhan Torosik akan dilakukan hari Jum’at (17/3) pekan ini.┬áPeresmian pelabuhan tersebut ditandai dengan launching Kapal Motor Perintis (KMP) Bima Utama, yang nantinya akan melayani beberapa rute. Seperti Bitung, Torosik, Gorontalo, Poso, Wakai, Parigi, dan Ampana.

Kapal Bima Utama yang akan beroperasi di Pelabuhan Torosik adalah jenis pengangkut barang dan penumpang, dengan kapasitas muatan sekitar 200 orang.
“Kapal ini akan masuk ke pelabuhan Torosik setiap Minggu. Transit di Torosik Selatan dua jam. Tapi untuk jadwalnya akan kita koordinasikan dengan pihak pelabuhan,”kata Kadullah, Selasa (14/3) dikawasan Perkantoran Panango.

Kata dia KMP semi barang ini adalah bantuan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Kemudian Pelabuhan Torosik adalah aset Pemerintah Pusat yang berada di wilayah Bolsel.
“Direncanakan peresmian pelabuhan dibuka langsung oleh Bupati Hi Herson Mayulu (H2M),”kata Kadis.

Menurut Kadis kehadiran transportasi laut tersebut akan meningkatkan perekonomian rakyat. Dimana seluruh masyarakat akan dipermudah melakukan perjalan laut.

Selain itu terinformasi dengan beroperasinya Pelabuhan Torosik, kedepan Pemerintah Pusat lewat Kementrian Perhubungan (Kemenhub) akan kembali melakukan pengembangan pelabuhan.
“Masih ada lagi pengembangan pelabuhan,”kata Yuks sapaan akrabnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Wakil Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru, membenarkan berita tersebut.

“Memang benar, Insya Allah peresmiannya Hari Jumat Minggu ini sekitar pukul 09.00 WITA,”kata Wabup.

Wabup berharap agar setelah mulai beroperasi, pelabuhan yang selesai dibangun pada tahun 2014 ini akan memberikan manfaat bagi daerah, terlebih khusus lagi bagi masyarakat. Apalagi, operasional pelabuhan tersebut sudah dinanti lama oleh masyarakat Bolsel.

“Setelah pelabuhan beroperasi akan membawa keuntungan bagi masyarakat, termasuk terbukanya lapangan kerja yang baru,”kata Wabup, seperti dilansir tribunmanado.co.id.

Perlu ditambahkan, pelabuhan Torosik dibangun lewat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sejak tahun 2011. Proses penganggaran dilakukan secara bertahap selama tiga tahun sampai 2014.
Pelabuhan Torosik secara resmi telah dihibahkan Pemkab Bolsel kepada Pemerintah Pusat. Kemudian Asetnya dikelola oleh Satuan Kerja (Satker) Kemenhub.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY