Kapal MV Uni Challange Angkut Garam Impor Lego Jangkar di Pelabuhan Belawan

0
264

Belawan – (suaracargo.com)

Kapal MV Uni Challange berbendera Singapura pengangkut 25.500 ton garam impor asal Australia, Sabtu sore sandar terpaksa di Lego Jangkar di Pelabuhan Belawan. Kapal pegangkut garam impor itu datang, untuk mencukupi kebutuhan pangan di Sumatera Utara.

Kapal dengan panjang 170 meter berbendera Singapura itu berangkat dari Australia hanya membutuhkan waktu satu minggu perjalanan. Kapal pengangkut garam impor itu pun langsung dibongkar menggunakan truk Losing Cakram dan langsung diangkut ke dalam truk.

Ribuan ton garam tersebut nantinya akan disimpan di pergudangan Bhanda Graha Reksa Marelan dan Gudang Mabar. Selanjutnya, garam imports tersebut akan disalurkan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Kota di Sumatera Utara.

Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo I Cabang Belawan Khairul Ulya menyatakan, kapal ini mengangkut garam untuk kebutuhan masyarakat banyak.

“Maka, kita utamakan, garam diangkut langsung, prosesnya diperkirakan memakan waktu empat sampai lima hari.” seperti dilansir VIVA.co.id.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan menugaskan PT Garam untuk mengimpor 75 ribu ton garam bahan baku dari Australia. Impor dilakukan karena curah hujan di dalam negeri masih tinggi di bulan Mei-Juli, sehingga panen garam terganggu. Jenis garam yang diimpor adalah garam bahan baku yaitu bahan baku untuk garam konsumsi. Kadar NaCl untuk bahan baku minimal 97 persen.

Laporan : Martinus Sitorus/TvOne/ Belawan, Sumatera Utara
Editor: M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here