Kapal RORO Disiapkan Untuk Angkutan Lebaran Semarang dan Surabaya

0
352
ilustrasi kendraan roda empat masuk kapal roro (oppmerak.dephub.go.id/)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan tambahan rute pelayaran Kapal RORO sebagai persiapan angkutan lebaran dengan rute Semarang dan Surabaya. Kapal RORO dimaksudkan untuk mengangkut kendaraan pemudik dan logistik dari Jakarta menuju rute yang sudah ditetapkan. “Kita rencanakan ada beberapa kapal yang ke Semarang dan Surabaya selama lebaran. Ada 4 unit. Kalau Surabaya logistik, dan penumpang ke Semarang,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Dermaga ex Presiden, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Menurut Budi Karya, masyarakat dapat memilih moda transportasi mana yang pas. Jika menggunakan kapal RORO makan akan mendapatkan manfaat lebih cepat dan lebih hemat. Sayangnya, berapa besaran biaya yang dihemat tidak disebutkan oleh Budi Karya. “Kalau di sini kompetisi dengan kereta dan mobil. Kita cari angka (moda transportasi kompetitif biar lebih hemat dari jalur darat,” ujarnya, seperti dilansir okezone.com.

Saat melakukan peninjauan dermaga kapal kapal Rol On Roll Of (RORO) KM Mutiara Timur I dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang Lampung, Budi Karya memperlihatkan bahwa moda transportasi menggunakan jalur laut bisa lebih mendapatkan manfaat. Apalagi dengan dioperasikannya Kapal RORO KM Mutiara Timur I, rute Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang Lambaung bisa lebih cepat dan lebih hemat biaya.

“Sekarang kita cari modul, cari angka tertentu yang ekonomis. Kalau Panjang ini jelas ekonomis karena harus nunggu dan bayar. Kalau ini kompetisi dengan kereta dan mobil. Kita cari angka kompetitif biar lebih hemat dari jalur darat,” ujarnya. Guna menarik peminat masyarakat agar mau menggunakan Kapal RORO, Kementerian Perhubungan berencana menambah beberapa kapal yang rutenya ke Semarang dan Surabaya. Hal ini sebagai salah satu alternatif moda transportasi Lebaran.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY