Kapan Pelabuhan Bintan Mulai Beroperasi Makin Tidak Jelas

0
422
Foto pejabat Bupati Doli Boniara meninjau pelabuhan internasional Berakit

Bintan – (suaracargo.com)

Kepastian kapan Pelabuhan Internasional Berakit akan beroperasi tampaknya makin tak jelas. Pada 2015 lalu, pejabat setempat memastikan pada 2016 ini, pelabuhan sudah berfungsi dan siap melayani perhubungan laut antar negara.

Namun, rencana itu tampaknya mentah lagi, seperti diutarakan pejabat UPP Kanpel Kelas II Tanjunguban.

“Kita tidak bisa memastikan pada 2016 ini pelabuhan beroperasi. Jangankan tahun 2016 ini, pada tahun 2017 saja, mungkin juga tak bisa dipastikan beroperasinya,” kata Kepala UPP Kanpel Kelas II Tanjunguban, Edi Sumarsono, di Tanjunguban, Senin (18/4/2016), seperti dilansir Tribun Batam.

Menurut Edi, ada beberapa alasan kenapa Pelabuhan Internasional Berakit belum bisa dioperasikan. Di antara kendala teknis yang dihadapi pelabuhan itu antara lain dangkalnya alur yang mengakibat kapal tidak bisa bersandar ke dermaga.

Usulan proyek pengerukan ulang alur yang disodorkan ke pusat dengan kedalaman 5 meter, lebar 60 meter, panjang 1,8 kilometer terancam tak disetujui pusat. Pasalnya, pusat sedang melakukan penghematan anggaran mencapai miliaran rupiah. Sementara alurisasi dermaga membutuhkan dana setidaknya Rp 37 Miliar melalui APBN.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here