Kapolda Kaltim: Tindak Tegas Pelaku Pungli di Pelabuhan

0
260
JANGAN MAIN-MAIN: Kapolda komit akan menindak tegas segala bentuk pungli di pelabuhan yang memberatkan pengusaha yang juga berdampak pada lamanya proses bongkar muat barang. (kaltim.prokal.co)

Balikpapan – (suaracargo.com)

Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin menjamin keamanan aktivitas bisnis, khususnya bagi para investor, di Kaltim Kariangau Terminal (KKT) atau Terminal Peti Kemas (TPK) Kariangau di Soekarno-Hatta Km 13, Balikpapan Utara.

Hal ini ditegaskan Kapolda saat menghadiri Sosialisasi Pelaksanaan Direct Call TPK Kariangau, di Hotel Gran Senyiur, Jalan ARS Muhammad, Balikpapan, Rabu (12/10). Aktivitas pelabuhan meningkat menyusul kegiatan ekspor yang bisa dilakukan langsung dari TPK.

Selama ini, pelaku usaha yang akan mengirim barang komoditi Kaltim dan Kaltara harus melalui Surabaya. “Saya yakinkan dan jamin keamanan di TPK,” tegasnya di hadapan pelaku usaha dan instansi terkait ekspor-impor.

Safaruddin menambahkan, kondisi wilayah yang aman dapat membuat investor untuk berinvestasi sehingga menunjang kemajuan daerah. Masyarakat khususnya pengusaha juga dapat merasa nyaman.

cargo-jakarta

Dia mencontohkan, komoditas masyarakat rumput laut harga 70, bisa 100. Karena biaya sudah bisa ditekan dengan adanya ekspor langsung dari TPK. “Biaya bisa ditekan, pengusaha dan masyarakat untung,” imbuhnya.

Dia mewanti-wanti pula soal pungutan liar (pungli). “Jangan sampai ada, pasti saya tindak tegas, siapa pun,” tegas alumnus Akpol 1984 penghobi olahraga sepeda itu, seperti dilansir prokal.co.

Selain soal investor, mantan Wakabaintelkam Mabes Polri ini juga beri jaminan keamanan dan kenyamanan para wajib pajak. Ia juga mengatakan, wajib pajak tidak perlu khawatir atau takut untuk melaporkan aset/harta dalam program pengampunan pajak. Selama program itu berjalan, para wajib pajak tidak perlu khawatir akan diusut asalkan perolehan harta yang dilaporkan saat ini tidak sedang dalam proses penyidikan.

Bagaimana ketika uang pajak hasil dari tindak kejahatan terorisme, narkoba, pencucian uang, perdagangan manusia dan lainnya? Saat ini pihaknya tidak lebih hanya menjaga stabilitas keamanan. “Kalau terbukti, tidak akan disangkutpautkan dengan laporan pajak pengusaha yang hendak melakukan pembayaran pajak,” tuturnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY