Keberadaan Pungli Dibantah Otoritas Pelabuhan Makassar

0
621
Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Makassar, Adolf R Tambunan (Tribun Timur / Rasni Gani)

Makassar – (suaracargo.com)

Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Makassar, Adolf R Tambunan membantah berita adanya pungutan liar (pungli) pada proses dwelling time atau waktu inap petikemas impor di pelabuhan atas perintah resmi dari OP.

Menurutnya, kalaupun ada pungli, kegiatan ilegal itu dilakukan oleh oknum di luar dari jangkauannya.

“Kalau dari kami dipastikan tidak ada pungli atau pungutan di dalam prosedur resmi. Selebihnya kalau memang ada, kami serahkan ke pihak yang berwenang untuk menindaki,” kata Adolf ditemui usai rapat kordinasi di kantornya, Jl Soekarno Hatta, Makassar, Kamis (15/9/2016).

banner-csm-atas

Intinya, kata dia, OP Makassar menertibkan sistem di internal agar investigasi oleh kepolisian atas perintah Presiden RI berjalan lancar.

Senada, ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Syaifuddin mengaku bahwa belum ada laporan terkait isu pungli ini.

“Selama ini lancar lancar saja dan menurut saya kecil kemungkinaa ada pungli karena porsi pengiriman petikemas di pelabihan Makassar masih sangat kecil yakni sekitar 5 persen dari total volume yang ada,” kata Ipho, sapaan akrab Syaifuddin, seperti dilansir Tribun Makassar.

Penulis : Rasni
Editor : M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here