Kegiatan Satker Proyek Kereta Trans-Sulawesi Dipusatkan di Kota Makassar

0
387
ilustrasi kereta barang (inilah.com)
ilustrasi kereta barang (inilah.com)

Makassar – (suaracargo.com)

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Sulsel, Masykur Sultan, mengatakan bahwa, satuan kerja (satker) proyek kereta api trans Sulawesi akan ditempatkan di kota Makassar. Kelompok satuan kerja itu sendiri terdiri dari para penanggung jawab proyek yang ditunjuk kementerian untuk melaksanakan proses pembangunan kereta api Trans Sulawesi.

Selama ini, satker di beberapa proyek infrastruktur masih berpusat di Jakarta. Penempatan satker di Jakarta dinilai menghambat kinerja tim tersebut. “Idealnya satker harus berkantor di daerah tempat proyek dikembangkan, agar lebih fokus dalam mempercepat proses pembangunannya,” jelas Masykur, Rabu (17/12/2014) kemarin, sebagaimana dilansir tribunnews.com.

Hal ini, kata dia, sudah disampaikan kepada pemerintah pusat. “Kami harap ini bisa direalisasikan segera jadi satker ini akan punya kantor sendiri di Makassar,” katanya. Ia menambhkan, upaya mendorong penempatan satker di Makassar juga seiring dengan rencana percepatan penyelesaian lahan untuk trase perlintasan kereta yang ditarget bisa rampung Februari 2015.

Masykur menjelaskan progress atau perkembangan dari proyek kereta api saat ini telah masuk dalam tahap pembebasan lahan yang dimulai di daerah Barru. Untuk tahap pertama, lahan yang dibebaskan sejauh 30 km. Proyek itu nantinya akan dilanjutkkan kembali untuk tahap kedua sepanjang 83 Km.

Kata dia, sambil menyiapkan lahan dari Barru, kemudian Pangkep dan Maros, pihaknya terus mendorong agar dilakukan percepatan perencanaan jalur kereta api dari Parepare ke Pinrang dan batas Sulbar. Jalur tersebut, menurutnya, harus segera dirampungkan demi penyatuan proyek trase untuk lintas trans Sulawesi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here