Kehadiran J&T Express Semarakkan Pilihan Logistik di Tokopedia

0
815
[Ki-Ka] Robin Lo, Director J&T-Express; Leontinus Alpha Edison, COO Tokopedia; Deddy Corbuzier, Duta Jenama J&T Express. © Yoseph Edwin /Beritagar.id

Perusahaan logistik J&T Express resmi mengumumkan hubungan kerja sama dengan e-dagang Tokopedia pada Rabu (18/1/2017), di Jakarta. Melalui kerja sama ini, para pengguna Tokopedia kini disajikan lebih banyak pilihan layanan pengiriman untuk produk yang mereka pesan.

Sebelumnya, Tokopedia sendiri telah memiliki pilihan layanan pengiriman produk melalui JNE, RPX, GO-JEK, dan GrabExpress.

J&T Express sendiri merupakan perusahaan logistik yang masih hijau. Duo petinggi Oppo –CEO Oppo Indonesia Jet Lee dan pendiri pemanufaktur ponsel itu Tony Chen– mulai menjalankan bisnis sampingan ini pada 2015.

Meskipun demikian, ekspansi mereka terbilang cepat. Diawali dengan 108 kantor cabang, kini J&T Express telah memiliki lebih dari 900 cabang di Indonesia.

Satu hal yang menjadi pembeda J&T Express dengan layanan logistik lain adalah layanan gratis jemput paket di tempat. Dengan layanan ini, pihak J&T menjamin paket pengiriman tersebut akan diambil oleh kurir J&T – atau yang mereka sebut “sprinter”.

Layanan jemput paket ini tersedia tanpa ada persyaratan minimum jumlah dan berat. Sebagai gambaran, layanan logistik JNE juga sudah menghadirkan layanan serupa, tapi ada syarat dan ketentuannya.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, konsumen dapat melakukan panggilan ke pusat layanan 0800-100-1188 yang buka 24 jam, secara gratis atau bebas pulsa. Pusat layanan tersebut juga melayani pelanggan dalam tiga bahasa, Bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin.

Namun perlu diingat, layanan waktu 24 jam 365 hari kerja tanpa libur ini merupakan layanan operasional saja, bukan waktu buka kantor cabang.

Selain itu, konsumen juga dapat memanfaatkan aplikasi di ponsel pintar yang tersedia untuk Android maupun iOS, guna memanfaatkan layanan dari J&T Express.

Soal tarif, Robin Lo, Direktur J&T Express, mengatakan bahwa perusahaan mematok harga reguler namun pelanggan bisa mendapatkan layanan premium.

Salah satu masalah klasik jasa pengiriman paket di Indonesia adalah biaya pengiriman yang terbilang mahal, namun terkadang waktu penerimaannya lebih lama dari estimasi semula. J&T mengklaim diri dapat memberikan pelayanan lebih baik.

“Dengan harga yang sama, kita bisa kirim paket sampai lebih cepat. Misalnya pengiriman hari ini di Jabodetabek kami yakini besok sudah sampai,” ujar Robin.

Dibandingkan secara langsung untuk pengiriman dalam kota, ternyata tarif yang ditetapkan J&T Express sama dengan JNE Reguler, yakni seharga Rp9.000.

Dari sisi pembeli, untuk menggunakan jasa J&T Express di Tokopedia, mereka hanya perlu memilih layanan ini di pilihan Kurir Pengiriman. Tapi pilihan J&T Express hanya akan muncul jika sang penjual telah mengaktifkan layanan tersebut.

Dari sisi penjual di Tokopedia, saat ini belum bisa memanfaatkan jasa gratis jemput di tempat yang disiapkan J&T Express secara otomatis. Mereka harus terlebih dahulu melakukan pemesanan secara manual kepada J&T Express melalui pusat layanan. Baru kemudian kurir datang ke lokasi penjual untuk mengambil barang yang akan dikirimkan.

COO Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, mengatakan hal ini merupakan hasil perundingan pihak mereka dengan pihak J&T Express. “Kerja sama ini merupakan yang pertama antara kami, jadi menimbang dari sisi teknis dan lainnya, kami memperlakukan J&T on basic level terlebih dahulu,” kata Leontinus, seperti dilansir beritagar.id.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here