Kelanjutan Proyek Pelabuhan Roro Air Putih, Bengkalis, Dipertanyakan

0
358

Bengkalis – (suaracargo.com)

Sejumlah kalangan di Bengkalis mulai mempertanyakan realisasi pengerjaan proyek pelabuhan penyeberangan atau roro Air Putih (Pulau) Bengkalis. Proyek senilai Rp34 miliar itu sampai saat ini belum terlihat tanda-tanda akan mulai dikerjakan.

“Sejauh ini memang belum melihat ada pekerjaan untuk pembangunan pelabuhan roro Air Putih, yang ada baru pembersihan di bagian daratnya, tapi setahu saya itu paketnya terpisah, rekanannya juga beda,” ujar Ketua Kadin Bengkalis Masuri, Senin (13/10/14), sebagaimana dilansir riauterkini.com

Menurutnya, lambatnya penyelesaian pembangunan pelabuhan roro ini bakal berdampak besar pada kelancaran transportasi barang. Apalagi jika saat ini digunakan, pelabuhan itu hanya dapat dilintasi dengan muatan yang terbatas dan kondisinya sudah membahayakan.

“Setiap tahun pekerjaan baru dimulai pada akhir tahun, kapan masyarakat bisa menikmati pelabuhan roro. Takutnya pelabuhan yang lama keburu roboh. Kondisi ini harus menjadi perhatian serius, harus mengecek kualitas material dan pekerjaan di lapangan, seperti tingkat kekeringan beton dan lainnya. Karena ini fasilitas umum untuk dilewati ribuan warga, jadi harus menjamin keamanannya,” katanya lagi.

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub) Kabupaten Bengkalis, Ja’afar Arief, mengatakan bahwa rekanan pemenang tender PT. Pagar Siring Group dari Samarinda, Kalimantan Timur sedang proses angkutan tiang pancang dari pabrik di Surabaya.

“Tiang pancang sedang diangkut ke Bengkalis atau sedang dalam perjalanan, dan dipekirakan dalam dua atau tiga hari ini sampai. Tiang pancang ini baru selesai pabrikasi di Surabaya,” ujarnya.

Terkait waktu pelaksanaan kurang dari tiga bulan, Ja’afar menyebutkan, kesanggupan rekanan menyelesaikan pekerjaan, Ia optimis jika berjalan sesuai dengan lancar, pekerja dan tenaga teknis kemungkinan besar pekerjaan tahap pertama selesai.

“Ya, kecuali ada faktor alam. Tapi, mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan lancar sehingga pelabuhan roro bisa segera dimanfaatkan masyarakat,” imbuhnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here