Kembangkan Sektor Logistik, 9 BUMN Bersinergi

0
374
Ilustrasi aktivitas bongkar muat pelabuhan. (Republika/Tahta Aidilla)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini melakukan sinergi BUMN antara PT Pelabuhan Indonesia dengan delapan BUMN lainnya. Sinergi tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian induk dalam rangka integrasi logistik-maritim untuk akselerasi konektivitas nasional.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, penandatanganan MoU dan perjanjian induk ini merupakan bagian dari implementasi kebijakan pemerintah tentang percepatan proyek strategis nasional.

Pasalnya, Indonesia tidak hanya perlu membangun fasilitas kepelabuhan yang baik. Untuk mendukung program tol laut, mutlak perlu dibangun integritas logistik-maritim untuk memberikan solusi nyata kepada aktivitas berbagai industri terkait secara sinergis.

“Di sini kami menggalangkan kekuatan bersama sembilan BUMN. Langkah ini diharapkan dapat menciptakan konektivitas yang lebih baik, dan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan dari kawasan barat hingga timur Indonesia,”jelas Rini di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (1/3/2016), seperti dilansir okezone.com.

Penandatanganan MoU dan perjanjian induk antar BUMN ini tidak hanya menyangkut sektor kepelabuhanan, namun juga sektor industri, logistik, infrastruktur dan ketenagalistrikan. Penandatanganan dan perjanjian ini adalah untuk mempertajam fokus masing-masing BUMN dalam mencapai target strategis secara mikro dan kepentingan nasional secara makro.

Delapan BUMN terkait adalah PT Krakatau Stell (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), PT Antam (Persero) Tbk, PT Inalum (Persero), PT Semen Padang (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Sementara perjanjian induk dengan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero).

Adapun perjanjian induk dan MoU tersebut sebagai berikut :

1. Perjanjian induk antara Pelindo II dengan Pelindo I tentang rencana kerjasama proyek pengembangan pelabuhan-pelabuhan di kawasan barat Indonesia.

2. MoU antara Pelindo II dengan Pelindo IV tentang rencana kerjasama proyek pengembangan pelabuhan-pelabuhan di kawasan timur Indonesia.

3. MoU antara Pelindo II dengan Waskita Karya tentang rencana kerjasama pembangunan dan pengoperasian serta sinergi ruas jalan Tol Cimanggis-Cibitung dengan ruas jalan Tol Cibitung-Cilincing.

4. MoU antara Pelindo II dengan Krakatau Steel tentang rencana kerjasama pemanfaatan lahan Krakatau Steel dan pengoperasian pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera.

5. MoU antara Pelindo II dengan Antam dan Inalum tentang rencana kerjasama dalam penggunaan Pelabuhan Kijing dalam rangka mendukung Smelter Grade Alumina (SGA) Refinery di Kalimantan Barat.

6. MoU antara Pelindo II dengan PLN tentang penyiapan rencana kerjasama bidang kepelabuhan dan ketenagalistrikan dalam rangka sinergi BUMN.

7. MoU antara Pelindo II dengan Semen Padang tentang rencana kerjasama pembangunan dan pengoperasian dermaga, fasilitas pengantongan semen serta fasilitas pendukung lainnya di pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here