Kemendang akan Manfaatkan KA untuk Angkut Logistik Pangan

0
427
Rangkaian Kereta Barang - tribunnews.com
Rangkaian Kereta Barang – tribunnews.com

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan manfaatkan kereta api untuk mengatasi hambatan logistik pada bahan pangan. Selain itu, kereta api juga bermanfaat untuk mengurangi biaya logistik. Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel berencana memaksimalkan pemanfaatan kereta api dan pesawat terbang sebagai moda transportasi logistik bahan kebutuhan pokok.

“Saya minggu depan akan membahas dengan Kementerian Perhubungan masalah logistik. Bagaimana memanfaatkan kereta api supaya angkutnya lebih cepat supaya bisa memotong biaya perjalanan,” ujar Rahmat Gobel di Pasar Klender, Jakarta, Jumat (21/11/2014), sebagaimana dilansir inilah.com.

Rahmat juga mengatakan bahwa, jika menggunakan angkutan seperti truk untuk membawa bahan pangan, ketika sampai ke tempat tujuan, truk tersebut akan kembali dalam keadaan kosong, sehingga membuat biaya angkutnya semakin mahal.

“Mungkin bisa juga pesawat udara memberikan prioritas untuk bahan pokok supaya bisa masuk, supaya bisa mengisi pasar. Kalau kelamaan bisa busuk,” katanya

Menurut dia, Jika bahan kebutuhan pokok tersebut tidak membusuk maka di sekitar stasiun kereta api juga harus dibangun tempat penyimpanan.

“Misalnya mau pake kereta api, harus ada warehouse. Jadi kalau ada tempat penampungan ini kita coba memberikan pelayanan bagi para petani. Itu yang kita bahas,” imbuh dia.

Rachmat menargetkan rencana ini bisa terealisasi pada tahun depan. Dengan demikian, hambatan logisitik yang selama ini menjadi penyebab tingginya harga bisa teratasi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here