Kemenhub Akan Tindak Tegas Operator Bandel di Pelabuhan

0
198
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (Suara Pembaruan)
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (Suara Pembaruan)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan akan menindak tegas pihak operator pelabuhan apabila terbukti tidak mampu mengawasi atau melarang kapal-kapal asing bersandar di pelabuhan yang tidak diperuntukkan untuk perdagangan luar negeri.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Keterbukaan Informasi Hadi M Djuraid mengatakan kapal asing dilarang bersandar di pelabuhan apabila tidak terdapat instansi imigrasi dan Ditjen Bea Cukai. “Operator pelabuhan akan menjadi paling bertanggung jawab terkait pengawasan kapal asing. Sanksinya bisa dimutasi, dibebastugaskan dan lain sebagainya sesuai dengan derajat kesalahan,” tuturnya, Rabu (14/10), sebagaimana dilansir bisnis.com.

Hadi menjamin, pengawasan pelabuhan-pelabuhan kecil tidak sulit karena Kemenhub akan secara langsung memantau. Selain itu, Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya. Seperti diketahui, Kemenhub mengeluarkan instruksi menteri pelarangan kapal asing bersandar di pelabuhan pasca temuan Joko Widodo adanya transaksi bawah tangan demi melancarkan penyelundupan barang ilegal.

 

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY