Kemenhub Bangun Sentra Logistik Rumah Kita

0
495
Menhub Budi Karya Sumadi (sumeks.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun sentra logistik Rumah Kita. Melalui Rumah Kita, ekspor produk dari wilayah Indonesia Timur tak perlu lagi mampir dulu di daerah lain, misalnya Surabaya dan Makassar. Dalam program ini, Kemenhub menjalin kerja sama dengan PT Pelni (Persero).

“Selama ini kan di Saumalaki ikan itu kan ke Surabaya baru di ekspor, dari Morotai ke Ujung Pandang baru di ekspor, sekarang buat itu. Oleh karenanya secara praktis apa yang dilakukan tol laut ini suatu pembelajaran bagi swasta dan BUMN sambil mengonsolidasikan dan memulai bisnis baru produktif,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Kemenhub, Kamis (16/2/2017).

Selain memperlancar arus ekspor barang dari Indonesia Timur, melalui Rumah Kita, Kemenhub juga meminta PT Pelni mengelola pelabuhan yang terintegrasi dengan Rumah Kita.

“Saya ambil contoh, katakanlah Pelni saya tugaskan membuat Rumah Kita, di Saumlaki dan Morotai, bahkan pelabuhannya saya suruh mereka yang mengelola supaya bisa mengonsolidasikan ikan-ikan yang ada di daerah Halmahera, Maluku Barat Tenggara dan Morotai supaya ikan bisa di ekspor,” terang Budi Karya, seperti dilansir detik.com.

Program Rumah Kita merupakan tempat pengumpul atau penampungan untuk mengelola barang logistik dan berfungsi untuk menerima barang-barang yang baru datang dari kapal, untuk kemudian didistribusikan. Selain itu, Rumah Kita juga berfungsi sebagai tempat menampung barang-barang dan diangkut kapal menuju ke daerah asal kedatangan kapal, misalnya ke Jakarta atau Surabaya.

Budi Karya menambahkan, Rumah Kita di Papua dan Kalimantan Utara (Kaltara) akan disatukan dengan program tol udara agar memudahkan konektivitas. “Integrasi tol udara di Kaltara dan Papua,” tutur Budi Karya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here