Kemenhub: Dua Rangkaian LRT Palembang Sudah Tiba di Pelabuhan Boom Baru

    0
    210
    INKA telah mengirimkan 4 dari 8 rangkaian kereta LRT Palembang (10/4) INKA (katadata.co.id)

    Palembang – (suaracargo.com)

    Kementerian Perhubungan menyebutkan dua rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang telah tiba di pelabuhan Boom Baru, Sumatera Selatan hari ini. Fasilitas LRT buatan Industri Kereta Api (Inka) ini dikirim langsung dari Madiun pada 6 April lalu.

    Dua rangkaian kereta (trainset) akan digunakan untuk melayani jalur Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Jakabaring. Sebelum dioperasikan, LRT akan melewati proses pengujian. Nantinya LRT tersebut akan mendukung helatan Asian Games 2018 di Palembang.

    “Ini jadi sejarah baru perkeretaapian Indonesia, khususnya Sumatera Selatan,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam keterangan resminya, Kamis (12/4).

    Zulfikri mengatakan, progres pembangunan prasarana proyek ini telah mencapai 89 persen. Kemenhub nantinya akan melakukan pengujian jalan dan keamanan (safety assesment) terhadap prasarana ini sebelum diluncurkan dan mulai beroperasi pada akhir Juni.

    Pemerintah berharap agar keberadaan LRT menjadi pilihan moda transportasi dalam menunjang mobilitas masyarakat Sumsel. Apalagi infrastruktur ini dibangun dalam rangka pengintegrasian penumpang dari Bandara menuju lokasi tujuan, termasuk untuk mendukung Asian Games.

    “Ini juga menjadi warna baru perkembangan kereta api Indonesia,” ujar Zulfikri, seperti dilansir katadata.co.id.

    Dua rangkaian ini merupakan rangkaian kereta pertama yang dikirim dari total delapan trainset dengan 24 gerbong LRT Palembang yang dibuat oleh Inka. Senior Manager Secretary Public Relation & CSR Inka, Cholik M Zamzam mengatakan pengirimannya secara bertahap menggunakan kapal laut hingga bulan depan dan akan menjalani uji dinamis lintas.

    Dalam keadaan penuh, kereta ini mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang yang berdiri. Kereta LRT buatan Inka ini tergolong berteknologi baru di Indonesia. Menggunakan motor listrik sebagai penggerak dan dilengkapi third rail sebagai sumber daya listrik.

    Dalam satu rangkaian kereta, terdapat 3 bagian, yakni 1 bagian kepala (trailer car) dan 2 kereta penggerak yang menyatu dengan kabin masinis (motor car). Badan kereta terbuat dari material aluminium double skin atau ekstrusi. Kaca jendela kereta terbuat dari safety glass (tempered) dan dilaminasi anti-UV 60 persen sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung.

    “PT Inka turut mendukung terselenggaranya Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta – Palembang dengan menghadirkan moda transportasi khususnya untuk para atlet dan masyarakat Sumatera Selatan pada umumnya,” ujar Cholik dua hari lalu.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here