Kemenhub Jamin Angkutan Laut Lebih Murah

0
300
Perusahaan pelayaran swasta PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) meresmikan beroperasinya kapal 'tol laut' atau short sea shipping pertama di Indonesia. Kapal yang bisa mengangkut penumpang dan ratusan truk barang ini bisa melakukan perjalanan 3 kali dalam satu pekan.  (detik.com)
Perusahaan pelayaran swasta PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) meresmikan beroperasinya kapal ‘tol laut’ atau short sea shipping pertama di Indonesia. Kapal yang bisa mengangkut penumpang dan ratusan truk barang ini bisa melakukan perjalanan 3 kali dalam satu pekan.
(detik.com)

Bandar Lampung – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan menjamin pengiriman barang melalui jalur laut lebih baik ketimbang lewat jalur darat, dengan kereta api, ataupun jalur udara. Sebab, kapal laut mampu mengangkut barang berkali-kali lipat lebih banyak, sehingga ongkos logistiknya lebih murah.

“Selain itu, beban jalan di darat yang semakin ramai dapat berkurang hingga 30 persen,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Bobby R. Mamahit saat meresmikan pelayaran tol laut perdana di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Rabu, 6 Mei 2015.

Saat ini, kata Bobby, 90 persen pengangkutan barang masih menggunakan alat transportasi darat. Kendaraan-kendaraan niaga ini masih harus bersaing memperebutkan badan jalan dengan kendaraan pribadi dan kendaraan pengangkut penumpang yang jumlahnya terus melonjak. “Akibatnya, ongkos logistik menjadi mahal karena pengangkutan via jalur darat menempuh waktu yang lebih lama,” kata Bobby, sebagaimana dilansir tempo.co.

Contohnya pengiriman barang Lampung-Surabaya, menurut Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, memakan waktu hingga 100 jam via jalur darat. Padahal jika melalui laut, pengiriman hanya menempuh waktu 48 jam. Itu pun sudah termasuk waktu pemuatan barang.

Jalur tol laut atau short sea shipping rute Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Tanjung Perak ini dijalankan oleh PT Altosim Lampung Pelayaran. Kapal mereka sanggup memuat 200 kendaraan, mulai dari sedan hingga truk trailer.

Jonan sendiri belum bisa memastikan jalur tol laut mana yang akan diresmikan berikutnya. Saat ini pemerintah sedang sibuk membenahi sarana dengan merevitalisasi lima pelabuhan besar agar menjadi pelabuhan laut dalam.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here