Kemenhub: Pelabuhan UPT Akan Dikelola BLU

0
379
ilustrasi kapal barang (industri.bisnis.com)
ilustrasi kapal barang (industri.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Staf Khusus Bidang Keterbukaan Informasi Publik Menteri Perhubungan, Hadi M Djuraid menegaskan, Kementerian Perhubungan (Kemhub) tetap bersandar pada keputusan untuk mengubah pengelolaan sekira 116 pelabuhan UPT (Unit Pelaksana Teknis) menjadi dikelola oleh BLU.

Regulator, menurutnya, mengharapkan agar setelah dikelola oleh BLU, pelabuhan-pelabuhan itu dapat ditingkatkan pelayanan serta kinerjanya secara umum, dengan tarif yang tidak sepenuhnya komersil.

“Dengan demikian, keberadaan pelabuhan bisa memberi andil yang signifikan seiring dengan tingkat pertumbuhan ekonomi daerah. Kalau langsung dikelola secara komersial dikhawatirkan tidak sinkron dengan pertumbuhan daerah, sebagaimana dikeluhkan oleh beberapa kepala daerah selama ini,” sambung Hadi saat dihubungi di Jakarta, Senin (11/5) dan dilansir oleh beritasatu.com.

Kendati demikian, lanjutnya, Kemenhub tetap mengapresiasi atas inisiatif yang dimiliki oleh Pelindo II untuk mengelola 35 pelabuhan UPT serta akan memberikan kesempatan untuk mengelola pelabuhan-pelabuhan tersebut, apabila nanti sudah berhasil dikembangkan oleh BLU.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here