Kemenhub Siap Serahkan 22 Pelabuhan Untuk Dikelola BUMN dan Swasta

0
259
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (Foto: Ahmad Ziaul Fitrahudin/detik.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyerahkan pelabuhan-pelabuhan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang selama ini berada di bawah pengelolaan Ditjen Perhubungan Laut untuk dikelola oleh BUMN maupun swasta.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa saat ini baru 22 pelabuhan di bawah kementeriannya yang sudah siap dilepas.

“Sebagai upaya investasi di pelabuhan, di mana Kemenhub akan mengalihkan ke swasta dan BUMN. Sebanyak 22 pelabuhan secara ekonomi sudah layak untuk dikelola swasta dan BUMN,” jelas Budi, saat acara peresmian Pengoperasian Terminal Petikemas Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Saat ini, di seluruh Indonesia, terdapat 1.241 pelabuhan. Dari jumlah tersebut, 112 BUMN dikelola oleh BUMN Kepelabuhanan, dan selebihnya dikelola oleh Kementerian Perhubungan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT).

banner-csm-atas

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II ini mengungkapkan, pihaknya saat tengah menyusun pelabuhan-pelabuhan mana saja yang nantinya bisa jadi pelabuhan hub (transit), pelabuhan pengumpan, dan pelabuhan tujuan akhir.

“Dengan pola penerapan hub, kita nanti akan tentukan mana-mana pelabuhan yang akan jadi pelabuhan hub utama, pelabuhan pengumpan, dan pelabuhan tujuan. Jadi sistematika pembangunan ekonomi lewat tol laut yang lebih baik,” jelas Budi, seperti dilansir detik.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY