Kemenhub Targetkan Pelabuhan Sigintung Beroperasi Tahun 2018

0
370
ilustrasi pelabuhan (republika.co.id)

Kuala Pembuang – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan menargetkan, Pelabuhan Samudera Teluk Sigintung yang berada di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, harus sudah dapat dioperasionalkan pada tahun 2018 mendatang.

“Target Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pelabuhan Sigintung harus sudah operasional pada 2018,” kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Sabtu (6/8).

Ia mengatakan, sejauh ini beberapa fasilitas pelabuhan sudah selesai dibangun, seperti trestle sepanjang 1.400 meter, dermaga bongkar muat, terminal peti kemas, serta kantor pelabuhan, dan akses jalan darat dari pelabuhan menuju Kuala Pembuang sepanjang kurang lebih 20 kilometer.

“Dengan kondisi tersebut, sebenarnya Pelabuhan Sigintung ini sudah bisa operasional,” katanya, seperti dilansir republika.co.id.

Meski demikian, orang nomor satu di “Bumi Gawi Hatantiring” mengakui bahwa untuk melaksanakan operasional pelabuhan yang langsung berhadapan dengan Laut Jawa tersebut diperlukan fasilitas penunjang lainnya yang masih belum dibangun.

“Khususnya untuk fasilitas penunjang sisi darat seperti terminal penumpang, sarana air bersih dan listrik, serta sejumlah fasilitas penunjang lainnya,” katanya.

Untuk membangun semua fasilitas tersebut diperlukan dana yang tidak sedikit. Selama ini, pembangunan pelabuhan tersebut hanya mengandalkan alokasi dana dari pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sedang Pemerintah Kabupaten Seruyan hanya menganggarkan dana untuk pembebasan lahan.

“Karena itu, selain dana APBN, kita berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng juga dapat membantu anggaran untuk mempercepat pembangunan Pelabuhan Sigintung,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here