Kemenhub Temukan Ada 26 Proyek Pelabuhan yang Mangkrak

0
67
ilustrasi penanganan peti kemas

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menemukan bahwa saat ini ada 26 proyek pelabuhan yang mangkrak. Proyek pelabuhan tersebut dibangun pada periode 2009-2015. Namun, hingga saat ini belum ada satu pun yang beroperasi.

“Ada yang memang belum bisa dimanfaatkan karena belum selesai (pembangunannya). Ada yang sudah selesai, tapi ada beberapa masalah,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo usai Rapat Kerja Ditjen Perhubungan Laut Tahun 2018, di Kementerian Perhubungan, Selasa (24/4).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan agar Inspektur Jenderal Kemenhub Wahju Satrio Utomo meninjau langsung kondisi pelabuhan-pelabuhan yang mangkrak ini. Rapat kerja yang tertutup bagi awak media ini juga membahas masalah dan upaya untuk menindaklanjutinya.

Agus tidak bersedia menyebutkan pelabuhan mana saja yang dimaksud. Namun, dia mengungkapkan ada beberapa masalah yang membuat proyek-proyek ini tidak bisa selesai. Salah satu permasalahan mangkraknya 26 pelabuhan tersebut adalah lahan.

Menurutnya, sebelum pembangunan, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat sudah menjanjikan akan memberikan lahan untuk proyek pelabuhan ini. Ternyata, dalam realisasinya tidak tidaklah demikian. “Janji Pemda, tanahnya dia bebaskan, jalannya disiapkan. Tapi tidak tahu masalahnya apa, janji itu tidak terjadi,” ujarnya.

Permasalahan lain berkaitan dengan cuaca buruk. Kondisi ini menyebabkan menyebabkan rancangan pelabuhan yang sebenarnya sudah ada harus disusun dan didesain ulang. Kemudian ada juga permasalah teknis lainnya di lapangan.

Agus memastikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam penyelesaian masalah ini. Kemenhub juga akan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam menyelesaikan proyek-proyek pelabuhan tersebut.

“Tapi, kalau memang tidak bisa diselesaikan, mungkin Pemda bisa memanfaatkan,” katanya, seperti dilansir katadata.co.id.

Dengan begitu, pelabuhan-pelabuhan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal. Apalagi, keberadaan sebuah pelabuhan bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here