Kemenhub Tidak Persoalkan Pemindahan Lokasi Pelabuhan Cilamaya

0
269
ilustrasi pelabuhan (republika.co.id)
ilustrasi pelabuhan (republika.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak mempermasalahkan pembatalan pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Karawang Jawa Barat. Pasalnya, itu bukanlah proyek Kemenhub. “Ini kan (Pelabuhan Cilamaya) bukan proyek Kemenhub, jadi enggak masalah,” ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M. Djuraid kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (2/4/2015).

Sementara itu, terkait rencana pembangunan pelabuhan pengganti Pelabuhan Cilamaya di lokasi lainnya di Jawa Barat, Kemenhub akan menunggu studi dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). “Perlu studi lagi kan? Kita tunggu saja studi yang dilakukan Bappenas atau konsultan yang ditunjuk Bappenas. Kemenhub hanya berwenang terkait perizinan. Yang menentukan lokasi pelabuhan di Cilamaya juga Bappenas berdasar hasil studi konsultan,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla memutuskan proyek pembangunan Cilamaya dibatalkan dan lokasinya akan digeser ke tempat lain. Keputusan itu diambil setelah Wapres menggelar rapat dengan sejumlah menteri. “Tadi diputuskan bahwa rencana pelabuhan tetap harus berjalan secepat-cepatnya, tapi agak bergeser di daerah yang aman ke timur yang di depannya tidak banyak anjungan-anjungan dan oil rig,” kata Kalla.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here