Kemenhub Tolak Pindahkan Lokasi Pelabuhan Cilamaya

0
222
lokasi Pelabuhan Cilamaya (kompas.com)
lokasi Pelabuhan Cilamaya (kompas.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan menolak usul pemindahan lokasi pelabuhan Cilamaya ke Balongan, Indramayu, sebagaimana yang diajukan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM).

Kemenhub beralasan, usul pemindahan lokasi Pelabuhan Cilamaya tidak relevan. Menurut Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Adolf R Tambunan, daerah Cilamaya Karawang dipilih sebagai lokasi pembangunan pelabuhan karena letaknya yang relatif dekat dengan kawasan Industri Bekasi-Karawang.

Sementara itu, wilayah Balongan justru dinilai sangat jauh dari pusat industri tersebut. “Pembangunan Cilamaya kan untuk mendekatkan pelabuhan dengan kawasan Industri Bekasi-Karawang, gak bisa kalau harus jauh, tidak efisien,” ujar Adolf dalam acara talkshow di Jakarta, Sabtu (28/3/2015), sebagaimana dilansir kompas.com

Lebih lanjut, kata dia, Kementerian Perhubungan tetap akan melanjutkan proyek tersebut sambil menunggu keputusan dari Presiden atau instruksi dari Menteri Koordinator Perekonomian. Meski banyak ditentang, Kemenhub menyatakan pembangunan pelabuhan tersebut juga mempertimbangkan aspek keselamatan.

Alasan pembangunan pelabuhan tersebut, kata dia, sangat penting untuk mempermudah akses distribusi dari kawasan Industri ke pelabuhan. Saat ini, akses distribusi ke Pelabuhan Tanjung Priok dinilai sudah sangat tak efisien karena kemacetan. Apalagi kata Kemenhub, Pelabuhan Tanjung Priok saat ini sudah sangat padat dan membutuhkan pelabuhan lain untuk bersaing.

Sementara itu, Plt Direktur Jendral Migas Kementerian ESDM Gusti Nyoman Wiraatmadja mengatakan bahwa usulan pemindahan pelabuhan dari Cilamaya ke Balongan merupakan salah satu upaya Kementerian ESDM untuk menyelesaikan polemik pembangunan Pelabuhan Cilamaya.

Balongan, kata Wirat, merupakan daerah yang tepat untuk dibangun pelabuhan karena letaknya di luar wilayah kerja operasional Blok Migas Offshore North West Jawa (ONWJ) di Cilamaya. Menurut dia, ONWJ memiliki peran penting karena menyuplai minyak dan gas untuk sebagain pulau Jawa. Apabila, operasional terganggu karena Pelabuhan Cilamaya, maka dikhawatirkan dampaknya ekonominya akan sangat besar.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY