Kemensos Siapkan Gudang Siaga Bencana

0
726
ilustrasi pergudangan (https://starconsulting.files.wordpress.com/2011/01/pergudangan.jpg)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Sosial telah menyiapkan gudang logistik berskala nasional sebagai langkah antisipasi distribusi ke sejumlah titik rawan bencana. Tujuan gudang logistik itu adalah untuk mempermudah penyaluran bantuan makanan ke daerah – daerah yang terlanda bencana.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat mengatakan bahwa gudang logistik tersebut ada di tiga titik yakni Bekasi, Palembang, dan Makasar.

“Kami sudah menyiapkan Gudang logitik berskala nasional kepada pengungsian dan dibangun di tiga titik Bekasi, Palembang, dan Makassar,” ujar Harry saat ditemui di Kantornya Kementerian Sosial, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (17/11).

Disamping itu, Harry menjelaskan dengan dibangunnya gudang logistik agar memudahkan untuk mendistribusi bantuan logistik ke daerah bencana. Ia mencontohkan bila bencana terjadi di Sinabung maka gudang logistik terdekat adalah Palembang.

“Jadi bila kejadian bencana terjadi di Sumatera Kita enggak mungkin mengambil dari Bekasi, jadi bisa langsung dikirim dari Palembang agar proses pendistribusinya lebih cepat”, kata Harry, seperti dilansir news,merahputih.com

Harry Hikmat mengakui bahwa tahun depan Kementerian Sosial juga menyiapkan kampung siaga bencana dengan mengoptimalkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan sudah disetting di setiap titik rawan bencana.

“Misalnya kita ingin di sepanjang sungai Bengawan Solo itu tersedia kampung bencana. Tapi sepanjang kali itu akan mulai bekerja dengan kampung untuk sediakan kampung siaga bencana di daerah Dayeuhkolot di Sungai Citarum kita juga mapping titik mana yang setiap tahun sering terjadi bencana,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here