Kemhub Siapkan 4 Pelabuhan untuk Layani Pelayaran Jarak Pendek

0
175
ilustrasi oelabuhan (reuters / okezone.com)
ilustrasi oelabuhan (reuters / okezone.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan(Kemhub) menunjuk empat pelabuhan yang bakal dipakai sebagai tempat sandar kapal pelayaran jarak pendek (short sea shipping/SSS). Pelayaran tersebut ditargetkan beroperasi Januari 2015.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Bobby R Mamahit mengatakan, pelabuhan-pelabuhan tersebut merupakan fasilitas lama yang diperbarui. “Pelabuhan sudah ada dari dulu. Bukan berarti harus bangun baru. Untuk SSS ini tidak perlu dermaga yang lebih dari 150 meter. Karena itu, dermaga sepanjang 200 meter kami persiapkan dan itu sudah ada,” kata Bobby di Jakarta, Kamis (11/12).

Empat pelabuhan tersebut antara lain, Pelabuhan Panjang di Sumatera Utara di Lampung, Marunda Center, Pelabuhan Kendal di Jawa Tengah, dan Paciran di Surabaya.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan beberapa insentif kepada para operator SSS. Namun, insentif tersebut berfokus pada sisi pengurangan biaya di pelabuhan.

“Kami bisa beri insentif, misalnya pengurangan biaya-biaya di pelabuhan. Untuk hal baru, pemerintah wajib mendukung agar tidak terjadi hambatan dan dapat terealisasi dengan cepat,” ujarnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY