Kendala Lahan Sebabkan Penundaan Pembangunan Pelabuhan Ternak Bojanegara

0
612
Ilustrasi Sapi Impor Austalia (kendaripos.co.id)

Serang – (suaracargo.com)

Rencana pembangunan pelabuhan ternak Bojonegara, Kabupaten Serang, terkendala karena persoalan pembebasan lahan. Kondisi tersebut disampaikan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten, Babar Suharso, Rabu (12/10).

Menurut Babar, dalam rencana semula, pembangunan pelabuhan ternak Bojonegara dengan nilai investasi sebesar US $200 juta tersebut dimulai akhir tahun 2016. Namun, karena persoalan lahan tersebut, pembangunan pelabuhan itu pun terpaksa ditunda.

“Bukan dibatalkan, tapi ditunda. Kami belum tahu sampai kapan pembangunan mulai dilakukan, kewenangan itu ada di Kementerian Perhubungan,” ujar Babar, seperti dilansir beritasatu.com..

Selain karena persoalan pembebasan lahan, pembangunan pelabuhan yang menggaet investor asal Australia, National Port Corporation Limited (NPCL), tertunda karena adanya sejumlah persyaratan lain yang harus dipenuhi. Persyarat tersebut diantaranya infrastruktur penunjang pelabuhan.

Untuk diketahui, pada Juni 2016 lalu Pemprov Banten, PT Banten Global Development (BGD) dan Pelindo II melakukan pertemuan dengan pihak NPCL selaku investor asal Australia di Hotel Borobudur Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas sejumlah hal tentang rencana kerja sama pembangunan pelabuhan ternak tersebut.

Pada kesempatan tersebut Babar menjelaskan bahwa Pemprov Banten, PT BGD, Pelindo II dan NPCL telah menyapakati bahwa pada akhir November 2016 akan ada pertemuan kembali yang rencananya akan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dan ditargetkan akhir tahun ini proses pembangunan dimulai.

Namun karena adanya sejumlah persoalan, rencana pembangunan tersebut ditunda. Pelabuhan Bojonegara tersebut rencananya akan menjadi pelabuhan ternak, khususnya sapi dan produk-produk agrobisnis.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here