Kepala BKPM: PLB Sangat Penting Bagi Daya Saing Logistik Indonesia

0
396
ilustrasi pusat logistik berikat (sentananews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menilai pusat logistik berikat (PLB) sangat krusial bagi daya saing Indonesia sebagai tujuan investasi serta kepentingan nasional.

“Dengan pusat logistik berikat, pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat distribusi logistik nasional dan internasional yang murah dan efisien, serta mendukung pertumbuhan industri dalam negeri,” ujar Franky dalam keterangan tertulis yang dilansir tempo.co pada hari Senin, 4 April 2016.

Dengan PLB, bahan baku dan barang modal bisa ditimbun hingga tiga tahun. berbeda dengan pelabuhan yang hanya 30 hari. Waktu selama itu cukup menyimpan sampai ada yang membeli barang-barang tersebut. Kemudahan ini, diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap pencapaian target realisasi tahun ini yang dipatok mencapai Rp 594,5 triliun.

Dia menjelaskan, PLB tidak sekedar memindahkan gudang penimbunan barang ekspor dan impor ke wilayah Indonesia untuk kebutuhan dalam negeri saja. PLB juga bisa menjadikan Indonesia sebagai hub logistik di Asia-Pasifik.

Menurut Franky, PLB akan menguntungkan dan memudahkan beragam industri, baik industri besar dan juga industri kecil. “PLB diharapkan mampu menurunkan biaya nasional, meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global, dan sekaligus menggairahkan ekspor nasional.” katanya.

Dari data Ease of Doing Business 2015, kinerja ekspor impor Indonesia menduduki peringkat ketujuh di ASEAN dalam hal perdagangan lintas negara. Rata-rata waktu proses ekspor dan impor di Indonesia, mencapai 3,5 hari, sementara di Singapura dua hari dan Vietnam hanya satu hari. Adapun proses di Indonesia membutuhkan US$ 537, sedangkan Singapura cuma setengahnya, dan Vietnam hanya 45 persen dari Indonesia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here