Kereta Barang CDP Bisa Pangkas Dwelling Time

0
383
ilustrasi kereta barang (Foto: Imam Wahyudiyanta/ detik.com)
ilustrasi kereta barang (Foto: Imam Wahyudiyanta/ detik.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Penggunaan jalur kereta khusus barang Cikarang Dry Port (CDP) di Tanjung Priok, diperkirakan akan menekan waktu tempuh pengiriman logistik cukup signifikan.

Pasalnya, waktu tempuh jalur darat menggunakan truk dari Cikarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok bisa mencapai lima jam.

“Dengan kondisi parah di hari tertentu waktu tempuh menuju Priok bisa empat sampai lima jam. Bayangin saja, 60 persen logistik masuk satu pintu ke Priok kan,” ujar General Manager Logitic PT Indonesia Epson Indusry, Hasanuddin S Malewa, dalam Forum Group Diskusi bahs Jalur CDP, di Jababeka Cikarang, Kamis (3/9/2015).

Hasan berharap, dengan tersambungnya jalur CDP menuju Pelabuhan Tanjung Priok, waktu tempuh logistik bisa dipersingkat. Entah itu untuk kedatangan barang ataupun pengiriman.

“Saya belum tahu waktu menggunakan kereta CDP berapa lama. Yang pasti lebih cepat. Itu kan masih lihat keretanya yang digunakan, bagaimana jalur keretanya, masih dihitungkan. Tapi saya yakin CDP bisa lebih cepat,” tuturnya, seperti dilansir okezone.com.

Sekadar informasi, kereta khusus ini diyakini dapat memangkas waktu bongkar muat (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok. Salah satu caranya dengan menghidupkan kembali jalur khusus kereta api barang dari Cikarang langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok.

 

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here