Kereta Cepat Bisa Bantu Turunkan Biaya Logistik

0
499

Cirebon – (suaracargo.com)

Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dinilai memiliki banyak manfaat terutama bagi wilayah di sekitar proyek. Pembangunan infrastruktur transportasi ini juga diyakini akan mempermudah mobilisasi penduduk dan mengurangi biaya logistik.

“Pertumbuhan ekonomi di Jawa sudah tinggi, sudah 7 persen. Kalau tidak difasilitasi infrastruktur, mau ke mana mereka (warga)? Pasti jadi high cost lagi logistiknya,” ujar Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Hanggoro Budi Wiryawan, di Cirebon, Rabu (24/2/2016).

Ia menuturkan, keputusan pemerintah untuk memprioritaskan infrastruktur saat ini cukup tepat karena Indonesia terhitung sering terlambat dalam pembangunan infrastruktur.

Hanggoro mencontohkan, dibanding Brasil, Indonesia masih jauh tertinggal. Pada waktu harga minyak melambung tinggi, yakni pada era 1993-1994, Brasil fokus dalam pembangunan infrastruktur, sementara Indonesia tidak melakukannya.

Padahal, kualitas dan kuantitas infrastruktur sangat memengaruhi biaya logistik. Pengembangan industri tanpa infrastruktur yang memadai akan meningkatkan ongkos logistik.

Sementara terkait pembiayaan, kata Hanggoro, proyek ini lebih layak dibangun oleh swasta dibandingkan bila dibangun dengan menggunakan dana pemerintah. Dana pemerintah pusat, lebih baik dialokasikan untuk infrastruktur di luar Jawa.

“Infrastruktur itu ada promoting sector ada services sector. Di Jawa itu lebih pada services sector. Berbeda dengan di luar Jawa, yang termasuk promoting sector. Pemerintah harus di depan. Tanpa bantuan pemerintah, swasta gak mungkin masuk,” jelas Hanggoro, seperti dilansir kompas.com.

Nilai investasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dengan jarak 142 kilometer mencapai 5,5 miliar dollar AS. Proyek dibiayai oleh China sebanyak 75 persen dan 25 persen dari badan usaha milik negara (BUMN).

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here