Kereta Logistik Priok Jalani Uji Coba

0
379
ilustrasi kereta barang (Foto: Imam Wahyudiyanta/ detik.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Hari ini, rel mati Kereta Api Logistik (KA) Tanjung Priok mulai menjalani uji coba. Adapun rute uji coba kereta tersebut adalah rel kereta dari Stasiun JICT Tanjung Priok menuju Stasiun Pasoso dan arah sebaliknya.

Berdasarkan pantauan Okezone, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli telah menunggu di Stasiun Pasoso, untuk ikut dalam rangkaian KA Logistik Tanjung Priok.

“Kita tes dulu hari ini. Ini kan masih uji coba,” ucap Rizal Ramli di Stasiun Pasoso Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Rizal menuturkan, masalah teknis seperti kapan dioperasikan dan berapa kapasitas angkut KA Logistik ini masih akan dikoordinasikan dengan operator yaitu anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), KA Logistik.

“Nanti ya, setelah uji coba ini, kita bicarakan dengan operator,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Operasi KA Logistik Sugeng Priyono mengatakan bahwa sarana dan infrastruktur kereta logistik telah selesai 95 persen dan siap untuk dioperasikan.

“Hari ini uji coba pemanfaatan bongkar muat di sini. Secara keseluruhan untuk sarana dan infrastruktur kira-kira sudah 95 persen. Hanya kurang beberapa seperti aksesori semacam lampu dan lainnya sara pendukung,”papar Sugeng.

Dirinya berharap, dengan dilakukan uji coba pada hari ini, kedepan KA Logistik sudah bisa dioperasikan secara normal. “Kira-kira minggu pertama Maret siap mengoperasikannya. Ini kan tinggal sarana dan infrastruktur pendukungnya yang belum,” terangnya.

Untuk diketahui, Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli bisa dibilang sebagai pelopor dioperasikannya kembali jalur KA Logistik Tanjung Priok. Pengoperasian KA Logistik dimaksudkan untuk mengurangi sepertiga kemacetan pelabuhan di kawasan pelabuhan bisa dikurangi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here