Ketidakpastian Infrastruktur dan Manajemen Pelabuhan Sebabkan Mahalnya Biaya Logistik

0
178
ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)
ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Biaya logisitik angkutan laut di Indonesia menjadi mahal karena adanya ketidakpastian infrastruktur dan manajemen pelabuhan. Tingginya biaya tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) II, R J Lino. Lino mengungkapkan hal itu di sela acara seminar nasional “Infrastruktur untuk Rakyat, Kembalinya Peran Negara dalam Penyediaan Infrastruktur Dasar” di Menara UOB, Jakarta, Kamis (18/12).

“Biaya logistik yang tinggi itu terjadi karena tidak ada kepastian. Ketidakpastian bukan hanya pada infrastrukturnya, tetapi juga dalam hal manajemen,” kata Lino, sebagaimana dilansir beritasatu.com.

Menurutnya, pemerintah seharusnya tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur. Pembenahan sisi manajemen pelabuhan, baik sumber daya manusia (SDM) maupun sistem manajemennya, juga harus mendapatkan perhatian.

“Peningkatan kualitas SDM dapat dilakukan dengan menerapkan sejumlah pelatihan. Hal tersebut tidak bisa dikesampingkan, karena berkaitan dengan kualitas dan kecepatan pelayanan di pelabuhan,” papar Lino.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY