Ketua INSA: Pelaku Usaha Pelayaran Antusias Berpartisipasi Dalam Program Pelayaran Logistik Wilayah Terpencli

0
173
ilustrasi kapal barang (industri.bisnis.com)
ilustrasi kapal barang (industri.bisnis.com)

Pelaku usaha pelayaran nasional ingin berpartisipasi dalam program pelayaran yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan berupa penugasan kapal barang untuk menyinggahi daerah terpencil.

Ketua Indonesia National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan, para anggotanya antusias untuk turut berpartisipasi dalam program itu dengan mempersiapkan diri untuk mengikuti proses tender penugasan. “Jadi kami juga minta agar diakomodasi oleh Kemenhub,” ujarnya, Sabtu (9/5/2015).

Menhub Ignasius Jonan mengatakan, pihak swasta bisa saja mengikuti tender penugasan itu dengan memenuhi berbagai persyaratan yang diminta. Salah satu persyaratan yang diminta adalah pihak pemohon harus memiliki asuransi untuk melindungi barang dan penumpang yang turut dimuat dalam pelayaran itu.

Menurut Jonan, program ini diluncurkan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat di daerah terpencil agar bisa dilayani oleh kapal barang berukuran besar dengan jadwal yang tetap sehingga bisa menurunkan biaya logistik di Tanah Air. “Jadi, walaupun gelombang tinggi kapal tetap berlayar dan arus barang tetap lancar,” terangnya, seperti dilansir bisnis.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY