Ketua Komite II DPD Minta Pemerintah Juga Perhatikan Sektor Logistik

0
220
Ketua Komite II DPD RI, Perlindungan Purba sedang sidak di Pasar Kramat Jati

“Diperlukan pendistribusian kembali sayur dan buah-buahan agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi”. egitu dikatakan Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Induk Kramat Jati, Kamis (25/2),

Sebelumnya, Parlindungan juga melakukan sidak ke Pasar Beras Cipinang. Di pasar tersebut, dia masih menemukan adanya beras impor yang beredar. “Saya mendapatkan masukan, memang harus ada pengaturan kembali. Karena penetuan harga tidak semata-mata dari produksi tapi logistik juga sangat menetukan,” jelas dia.

Parlindungan meminta pemerintah untuk mengatur logistik, bukan hanya fokus kepada produksi saja. “Pemerintah daerah (pemda) juga harus berpesan mengatur jadwal tanam para petani. Jangan sampai, semua berbarengan menanam jeruk semua,” tegas dia.

Menurutnya, Pasar Induk Kramat Jati merupakan pasar nasional yang juga tergantung pada suplai di daerah. Karenanya, perlu adanya pengaturan suplai dari daerah-daerah. “Yang lebih penting lagi ada logistic cost, karena dari Medan pengiriman jeruk lebih dari lima hari maka akan busuk,” sarannya.

Berdasarkan hasil sidak di Pasar Induk Kramat Jati, kata Parlindungan, kenaikan harga memang terjadi namun tidak terlalu signifikan. Sebab, Banyuwangi dan Brebes yang merupakan penghasil bawang sedang mengalami musim hujan.

“Sehingga harga bawang di sini mengalami peningkatan. Tapi naiknya sedikit,” tukas dia.

Dia menambahkan, pihaknya sangat berharap kepada setiap PD pasar harus bisa mengintervensi harga. Jadi kalau boleh di Pasar Induk Kramat Jati ini bisa menentukan harganya.

“Di sini harusnya bisa nentukan sekian-sekian. Maka ada keseragamaan harga di sini,” demikian Parlindungan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY