Ketua Serikat Pekerja JICT: Waktu Bongkar Muat di Pelabuhan Tanjung Priok 3,9 Hari

0
580
Pelabuhan Tanjung Priok - Ilustrasi (industri.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Ketua Serikat Pekerja PT Jakarta International Container Terminal (JICT) Nova Sofyan Hakim menyebutkan, waktu bongkar muat petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok yang dikelola oleh PT Pelindo II (Persero) masih memakan waktu yang cukup lama yakni 3,9 hari.

“Pelindo II bilang dwelling time sudah 2,7 hari, ternyata faktanya masih 3,9 hari. 2,7 hari itu cuma dwelling time ekspor, kalau dengan impor 3,9 hari,” ujar Nova saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/3/2017).

“Petikemas ekspor kan hampir tidak pernah bermasalah. Dwelling time ekspor rendah karena pelabuhan ada waktu tenggat petikemas masuk terminal atau closing time,” tuturnya, seperti dilansir kompas.com.

Menurut Nova, mengutip kajian World Bank, salah satu komponen dwelling time yaitu post clearance atau proses di pelabuhan. Dalam fase ini dwelling time dihitung saat kapal ditarik ke dermaga sampai petikemas keluar dari pelabuhan.

“Ambil contoh di JICT, bulan Oktober sampai November 2016, rata-rata waktu penarikan kapal sampai pelabuhan mencapai 4,6 jam. Ini tidak pernah diperhitungkan sebelumnya,” kata Nova.

Nova menyayangkan waktu penarikan kapal yang terhitung masih sangat lama dan menyumbang waktu tunggu cukup tinggi. “JICT yang sudah tersistem dan modern saja masih diatas 3,5 hari. Lalu bagaimana pelabuhan lainnya?” kata Nova.

Penulis : Iwan Supriyatna
Editor : M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here