Komisi V DPR RI Kunjungi Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap

0
452

Cilacap – (suaracargo.com)

Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap. Kegiatan yang bertajuk kunjungan kerja spesifik menjelang Natal dan Tahun Baru 2015 ini diikuti 14 orang anggota dan dipimpin oleh Yudi Widiana.

Agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Cilacap ini dimaksudkan untuk memantau dan mencari masukan terkait dengan kesiapan sektor transportasi dan meninjau infrastruktur jalan di sepanjang Kabupaten Cilacap menjelang Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, kunjungan ini juga untuk meninjau pembangunan Bandara Tunggul Wulung dan meninjau aktivitas Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Didampingi oleh Wakil Bupati Cilacap, Akhmad Edi Susanto dan General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Intan Djumadi, para anggota Komisi V DPR RI melihat secara langsung aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.

Setelah melakukan kunjungan ke Pelabuhan Tanjung Intan, Komisi V DPR RI itu diterima secara langsung oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di ruang Prasanda Pendopo Wijayakusuma. Tatto menyampaikan sejumlah permasalahan yang kini sedang dihadapi seperti infrastruktur jalan, Bandara Tunggul Wulung, Pelabuhan Tanjung Intan, pulau Nusakambangan, Kawasan Segara Anakan dan pembangunan bendungan Matenggeng.

Terkait Pelabuhan Tanjung Intan, Bupati menyampaikan bahwa Pelabuhan Tanjung Intan merupakan satu-satunya pelabuhan di pantai selatan Jawa. Pelabuhan itu juga merupakan pintu gerbang perekonomian bagi daerah Jawa Tengah bagian Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Barat bagian Selatan, dalam melakukan kegiatan ekspor impor maupun perdagangan antarpulau.

Keunggulan Pelabuhan Tanjung Intan adalah posisinya yang berada di Samudera Indonesia dan terlindung oleh Pulau Nusakambangan. Posisi yang strategis itu menyebabkan kegiatan bongkar muat serta keluar masuk kapal di Pelabuhan dapat berjalan dengan lancar. “Dengan potensi alamiah ini, diharapkan ke depannya Pelabuhan Tanjung Intan dapat dikembangkan menjadi Pelabuhan Internasional,.” tegasnya.

Menanggapi paparan Bupati, pimpinan rombongan, Yudhi Widiana, menyatakan pihaknya berjanji mengupayakan prioritas pembangunan sesuai harapan Pemkab Cilacap. “Berbagai permasalahan yang dihadapi Cilacap akan masuk pembahasan APBN Perubahan pada bulan Januari 2015 mendatang,” ujarnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here