Kontainer Direct Call di Makassar 60 Persen Berisi Rumput Laut

0
418
ilustrasi rumput laut (id.wikipedia.org)

Makassar – (suaracargo.com)

Sejak Pelindo IV membuka pintu ekspor langsung (dirert call) dari Pelabuhan Makassar, sekitar 60% pengiriman kontainer yang melalui jalur tersebut didominasi komoditas rumput Laut.

” Awal direct call dari Pelabuhan Makassar, hanya 48 kontainer per minggu yang bisa dibawa ke luar negeri. Tetapi sekarang, jumlah itu terus meningkat hingga kini menjadi 350 kontainer per minggu dan 60% didominasi oleh komoditas rumput laut,” jelas Doso Agung Dirut PT Pelindo IV, Kamis (18/8/16).

Seperti diketahui, Sulsel secara nasional menjadi penyumbang terbesar ekspor rumput laut. Dari total 260 ribu ton ekspor rumput laut nasional, 131 ribu ton berasal dari Sulsel atau sekitar 65%. Dari total ekspor 260 ribu ton itu, China menjadi pangsa pasar terbesar yaitu sekitar 70%.

Sebelumnya, Sekertaris Jenderal ARLI, Mursalim, menjelaskan bahwa ekspor rumput laut merupakan produk andalan di sektor perikanan Sulsel dengan produksi diatas 2,5 juta ton tiap tahunnya.

” Secara nasional tahun ini kita menargetkan ekspor rumput laut kita mencapai 300 ribu ton, sementara untuk Sulsel sekitar 175 ribu ton atau sekitar 70% dari total ekspor,” ungkapnya, seperti dilansir inikata.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here