Koperasi TKBM Kalibaru Sertifikasi 150 Buruh Pelabuhan Secara Bertahap

0
361
ilustrasi fasilitas logistik di pelabuhan (poskotanews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Ketua Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (Kop TKBM) mendukung pengoperasian secara penuh New Port Container Terminal 1 (NPCT 1) pada bulan Agustus 2016.

Untuk meningkatkan skill serta kemampuan TKBM atau buruh dalam melakukan pekerjaan bongkar muat di NPCT 1, Kop TKBM Kalibaru pada Sabtu (20/8) menyelenggarakan program sertifikasi bagi 150 orang TKBM. Pelatihan  tersebut dilaksanakan secara bertahap.

banner-csm-atas

“Kegiatan ini bekerja sama dengan Sudin Tenaga Kerja Jakarta Utara dan Lembaga Pelatihan Bina Mandiri Harapan Bangsa (BMHB). Selain teori, para peserta juga mendapat materi praktek kegiatan bongkar muat,” ujar Slamet, Ketua Kop TKBM Kalibaru.

Slamet menjelaskan peserta sertifikasi merupakan TKBM yang direkrut merupakan warga Kalibaru. “Ini merupakan bentuk kearifan perusahaan NPCT1 terhadap masyarakat Kalibaru yang ada di lingkungan perusahaan,” terang Selamet, seperti dilansir poskotanews.com.

Keberadaan NPCT 1 yang merupakan terminal petikemas berkapasitas 1.5 juta TEUs tersebut. dirasakan langsung warga Kalibaru yang sebagian diangkat menjadi anggota Kop TKBM Kalibaru. Mereka antusias mengikuti program sertifikasi yang lakukan Koperasi TKBM.

“Kegiatan program sertifikasi ini merupakan bukti keseriusan dari pengelola Kop TKBM Kalibaru dalam meningkatkan skill atau kemampuan TKBM dalam kegiatan bongkar muat di terminal petikemas,” kata Selamet.

Turut hadir dalam kegiatan sertifikasi profesi tersebut Kepala Kamla Pelabuhan Kalibaru, Kapolsek Kalibaru serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Sebelum pengoperasian NPCT 1, pihak Koperasi TKBM Kalibaru sudah menjalin komunikasi dengan manajemen NPCT1 maupun dengan pihak stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok.

HM Yusuf, Ketua RW 08 Kalibaru sangat berharap NPCT1 mempekerjakan lebih banyak lagi warga Kalibaru dalam operasional perusahaan sehingga turut membantu mengurangi jumlah pengangguran di wilayahnya dan bisa sama-sama menjaga perusahaan demi menunjang kelangsungan produktivitas perusahaan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here